Lesson 40 : Belajar Partikel Bahasa Korea ~에서/부터 - 까지

radi blog - bahasa korea, Pada meteri sebelumnya lesson 39 kita telah membahas partikel bahasa korea kali ini materi lesson 40 kita akan membahas partikel bahasa korea lagi yakni tentang ~에서/부터 - 까지. Apa dan bagaimana cara menggunakan partikel ~에서/부터 - 까지 mari kita simak penjelasan berikut ini.

Lesson 40 : Belajar partikel bahasa korea ~에서/부터 - 끼지

Partikel ~에서/부터 - 까지 dilekatkan di belakang kata benda yang berhubungan dengan tempat dan berfungsi untuk mengekspresikan titik awal dan akhir. Jadi dalam bahasa Indonesia Partikel ~에서/부터 - 까지 bisa diterjemahkan menjadi "dari - sampai".

bahasa korea eps topik
Penggunaan Partikel ~에서/부터 - 까지 berfungsi untuk menyatakan perpindahan dari tempat/waktu ke tempat/waktu lain. Sehingga pola kalimatnya menjadi :

K.Tempat¹ + 에서(dari) + K.Tempat² + 까지 (sampai)
K.Waktu¹ + 부터(dari) + K.Waktu² + 까지(sampai) 

Keterangan :
Partikel ~에서 dalam bahasa Indonesia bisa diartika menjadi "di" yang pernah kita bahas pada lesson 21 namun jika partikel 에서 digunakan bersama dengan partikel 까지 dalam satu kalimat maka bisa dipastikan partikel 에서 diterjemahkan menjadi "dari" bukan "di".

Contoh :
  • 집에서 학교까지 걸어요. (Dari rumah sampai sekolah jalan kaki.
  • 여기에서 거기까지 오토바이를타요. (Dari sini sampai sana naik motor)
  • 아침부터 오후까지 한국어를 공부해요. (Dari pagi sampe sore belajar bahasa korea)

Contoh percakapan :
  • 가 : 집에서 회사까지 어떻게 가요? (Dari rumah ke kantor bagaimana perginya)
  • 나 : 저는 버스를 타고 가요. (Saya pergi naik bus)
  • 가: 여기에서 시청까지 얼마나 걸려요? (Dari sini sampai Salai Kota memakan waktu berapa lama?)
  • 나: 30분쯤 걸려요. (Memakan waktu sekitar 30 menit)

Sampai disini pembahasan materi lesson 40 : belajar partikel bahasa korea ~에서/부터 - 까지. Jangan lupa terus berlatih supaya mahir bahasa koreanya. 파이팅..!!!

Bagi yang ingin mendownload materi tentang penggunaan kata ~에세/부터 - 까지 dalam bentuk pdf, klik tombol download dibawah ini.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama