3 Tips Belajar Bicara Bahasa Korea Sehari-Hari Hanya Dengan Drama Korea

Hiburan asal Korea Selatan berhasil membanjiri mancanegara. Sebut saja K-drama, K-pop, dan Variety Show yang cocok dengan selera banyak kalangan di seluruh dunia. Tingginya ketertarikan masyarakat akan budaya Korea seiring dengan keinginan untuk mempelajari budaya tersebut, salah satunya bahasa. Timbulnya keinginan dapat mengunjungi negara Korea Selatan suatu waktu membuat banyak orang termotivasi untuk mempelajari Bahasa Korea. 

Belajar Bicara Bahasa Korea Sehari-hari

Membayangkan dapat mengunjungi tempat-tempat shooting drama Korea, mendatangi jumpa fans yang diadakan artis Korea, berkenalan dengan teman baru yang berasal dari Korea, bahkan dapat melanjutkan pendidikan di Negeri Ginseng. Banyak motivasi yang muncul untuk belajar bahasa Korea. Yang pastinya, bahasa Korea ngak hanya annyeong haseyo saja loh, banyak yang harus anda pelajari agar dapat berkomunikasi dalam bahasa Korea. 

Mulailah dengan percakapan sehari-hari, seperti annyeong-haseyo (halo), kamsahamnida (terima kasih), jal jayo (selamat tidur), ne (iya), aniyo (tidak), dan banyak lagi contohnya. Lalu secara bertahap perbanyak kosakata, dari kosakata buatlah menjadi suatu kalimat yang digunakan sehari-hari. Hingga saat ini ada lebih dari 78 juta penutur Bahasa Korea di seluruh dunia. Berikut 3 tips belajar bicara bahasa Korea sehari-hari hanya dengan menyaksikan drama Korea

1. Pilihlah tontonan yang mudah dimengerti 

Sebelum menyaksikan drama Korea, pilihlah genre yang mudah dimengerti. Biasanya genre romance komedi, atau slice of life lebih banyak menggunakan bahasa sehari-hari dibandingkan dengan drama bergenre Thriller atau drama historis. Beberapa referensi drama yang dapat ditonton untuk belajar bicara bahasa Korea sehari-hari seperti, Hospital Playlist, True Beauty, Business Proposal, dan What’s Wrong With Secretary Kim. 

Sebagai contoh pada drama Business Proposal, saat Shin Ha Ri berkenalan dengan Kang Tae Mo, ia bertanya seong ham I? (Namamu adalah?) lalu Kang Tae Mo menjawab Kang Tae Mo hamnida (nama saya Kang Tae Mo)

2. Siapkan catatan dan alat tulis, lalu tuliskan kata yang tidak dimengerti

Pada beberapa frasa yang sedikit panjang, mungkin anda akan dibingungkan dengan artinya. Tidak apa-apa tuliskan saja bagian kata yang tidak dimengerti pada catatan. Lalu berhentikan drama yang sedang diputar, dan cari arti kata tersebut di google translate atau kamus bahasa Korea. Dengarkan pengucapannya hingga 3 kali, apabila masih kurang mengerti bisa perlambat kecepatan video. 

3. Ucapkan dan ulangi dalam kegiatan setiap hari

Untuk bisa berbicara dengan lancar, perlu adanya pengulangan setiap hari. Ini adalah cara mudah bahasa Korea. Seperti misalnya, setelah menonton drama Business Proposal, anda mengetahui satu frasa yang dikatakan Shin Ha Ri, Jeo meon jeo gabodorok halgeyo (Saya harus pergi sekarang) coba ulangi pengucapannya saat anda ingin berpamitan dengan teman. 

Pada awalnya belajar bicara bahasa Korea sehari-hari memang tidak gampang, namun dengan keyakinan dan niat sungguh-sungguh percayalah anda pasti bisa. 

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama