Cara Mudah Belajar Tulisan Dan Bahasa Korea Ala Bandung Oppa, Wajib Coba!

Huruf Korea (Hangeul) pertama kali diperkenalkan oleh Raja Sejong pada abad ke-15 di masa Dinasti Joseon. Huruf hangeul merupakan gebrakan besar dalam gebrakan perkembangan bahasa Korea yang sebelumnya menggunakan aksara Cina. Hangeul terdiri dari dua bagian utama, huruf vokal dan huruf konsonan. Huruf vocal dan konsonan juga dibagi dua, tunggal dan rangkap. Vokal dasar ada 10 karakter, vocal rangkap ada 11 karakter, konsonan dasar ada 14 karakter, dan konsonan rangkap ada 5 karakter.

Belajar Tulisan Dan Bahasa Korea

Sebelum mendalami bahasa Korea anda wajib menguasai penulisan, dan pengucapan hangeul nih. Cara mudah Bahasa Korea sering dibagikan youtuber edukasi bahasa Korea, salah satunya Bandung Oppa. Bandung Oppa adalah youtuber Korea bernama Han Jeong Dae, lulusan Hankuk University of Foreign Studies dengan jurusan Bahasa Korea. Han Jeong Dae mengagumi Kota Bandung sejak kunjungan pertamanya, ia jatuh cinta dengan makanannya yang enak serta warganya yang ramah.  

Karena itulah Jeong Dae menggunakan nama panggilan Bandung Oppa pada kanal Youtubenya. Pada 19 Mei 2020 lalu, Bandung Oppa membuat suatu konten berjudul cara menghafal bahasa Korea cepat dan tidak mudah lupa. Berikut cara mudah belajar tulisan dan bahasa Korea ala Bandung Oppa. 

Gunakan perasaan saat menuliskan hangeul

Sambil menuliskan hangeul di buku catatan, sebaiknya pikiran dan perkataan juga memikirkan hangeul tersebut. Misalkan anda menulis huruf (a) di dalam pikiran harus mengingat penekanan garis dan penyebutannya dalam bahasa Korea. Ketika tangan bergerak menuliskan huruf tersebut, sebutkan juga pengucapannya dengan menggunakan mulut. Ketika hal ini dapat membuat anda semakin merasakan setiap huruf hangeul yang dipelajari sehingga lebih mudah ingat dan tidak lupa. 

Selalu fokus, jangan ada suara lain yang mengganggu selama pelajaran. 

Penglihatan, pendengaran, dan penulisan harus saling berkorelasi saat mempelajari bahasa Korea khususnya penulisan hangeul. Tips kedua yang dapat dipraktikkan adalah selalu fokus dan tidak terganggu dengan suara lain. Apabila pendengaran fokus dengan pengucapan bahasa Korea anda dapat lebih cepat belajar tulisan dan bahasa Korea

Jangan hafalkan secara langsung, lihat bentuk hangeul, biasanya bentuk akan menggambarkan penyebutannya

Misalkan penulisan huruf (o) untuk penyebutannya seperti naik ke atas sesuai dengan garisnya. Sebaliknya huruf (u atau oo) penyebutannya turun ke bawah. Bandung Oppa juga memberikan contoh, penyebutan huruf biasanya menunjukan kekaguman, sementara untuk menganggu atau mengejek seperti huuu…

Selain Ketika tips diatas, anda juga dapat mempercepat penghafalan hangeul dengan mengekspos diri dengan tulisan-tulisan korea. Atau sedikit tips dari penulis, ganti wallpaper handphone dengan alfabet Korea (Hangeul). Setiap anda membuka handphone, pasti melihat susunan alfabet itu secara tidak langsung dan dapat menghafalnya dengan mudah. Sekian tips mudah belajar tulisan dan bahasa Korea yang mudah dipraktikkan. Selamat mencoba.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama