Cara Mudah Bahasa Korea Bisa Cepat Lancar Beserta Daily Kosakata Yang Gampang Dihafal

Ada banyak orang berlomba-lomba ingin mengetahui cara mudah bahasa Korea cepat lancar entah untuk urusan penting seperti sekolah di Korea, atau hanya untuk kesenangan misalnya bagi penggemar K-Pop. Bahasa Korea termasuk salah satu bahasa yang sering dipakai di seluruh dunia.

Cara Mudah Bahasa Korea Bisa Cepat Lancar

Bahkan banyak sekali orang non-Korea yang jadi tertarik ingin belajar bahasa Korea karena pesatnya perkembangan tren Korean Pop seperti idol group BTS, dan Blackpink, Drama, hingga culture nya, termasuk Indonesia. Belajar tulisan dan bahasa Korea sebenarnya tidaklah terlalu rumit. Berikut ini ada tips untuk anda agar cepat lancar dalam belajar bahasa Korea serta beberapa kosakata simple sehari-hari yang mudah dihafal, mari simak.

Tips Agar Bahasa Korea Cepat Lancar

1. Pastikan Sudah Mengerti Dasar Hangeul

Jawaban dari bagaimana cara bahasa Korea cepat lancar yang pertama adalah mengetahui terlebih dahulu dasar-dasarnya, seperti Hangeul atau alfabet di Korea Selatan. Ini termasuk mengetahui penulisan dan pengucapannya dengan benar.

Apabila Hangeul sudah anda kuasai dengan baik, anda akan lebih cepat memahami kosakata, karena pastinya kosakata tersebut tertulis dalam huruf Korea. Tetapi tenang, bentuk Hangeul mudah sekali dihafal, hanya ada 24 huruf yaitu 10 vokal dan 14 jenis konsonan. Cara belajar tulisan korea dengan mudah adalah coba lakukan dengan rileks dan mulai dari yang paling basic.

2. Pelajari Kosakata dan Mengembangkannya

Setelah belajar menulis dan membaca Hangul anda kuasai, kini saatnya anda mengembangkan kosakata, misalnya angka dalam bahasa Korea. Ada 2 jenis angka yang biasanya digunakan sesuai situasi, berupa angka Korea serta Sino Korea.

Perbedaannya adalah jika angka Korea atau bentuk Korea asli dipakai ketika menghitung benda atau usia, yaitu seperti Hana (satu), Dool (dua), Set (tiga), Net (empat), Daseot (lima), Yeoseot (enam), Ilgop (tujuh), Yeodeol (delapan), Ahop (sembilan), Yeol (sepuluh. Untuk Sino Korea biasa dipakai untuk alamat, tanggal, uang serta angka di atas seratus. Yaitu il (satu), i (dua), sam (tiga), sa (empat), oh (lima), yuk (enam), chil (tujuh), pal (delapan), gu (sembilan), ship (sepuluh).

3. Pelajari Beragam Kata Pinjaman dari Bahasa Inggris

Belajar bicara bahasa Korea sehari-hari akan lebih mudah jika anda mengetahui berbagai kata pinjaman dari bahasa Inggris agar bisa lancar seperti orang Korea. Ini merupakan kosakata yang pengucapannya mirip dengan bahasa Inggris yang sering sekali dipakai sehari-hari. Misalnya Chije atau Chijeu (cheese), Pija (pizza), Juseu (juice), Banana (banana), Kolla (cola), dan lain-lain.

4. Berikan Kenyamanan Terbaik untuk Anda Belajar

Bisa nyaman dalam belajar adalah salah satu kunci penting agar cepat meresap. Contohnya adalah dengan menemukan cara belajar yang diinginkan, misal anda lebih suka belajar lewat visual, auditori, atau dengan kinetik. Temukan yang paling cocok dan nyaman dengan anda serta jangan lupa untuk fokus memahami tata cara bahasa Korea juga.

5. Sering Mendengar Lagu Korea dan Menonton Drama Korea

Poin kelima ini termasuk cara yang paling ampuh untuk bisa belajar bahasa korea cepat dan lancar dan juga menjadi salah satu cara yang juga sering dipakai anggota grup Kpop dari luar Korea Selatan sebelum debut, seperti Lisa Blackpink.

Bukan hanya mendengar lagu Kpop saja, tetapi anda juga bisa dengar lagu berbahasa Korea lainnya yang anda sukai, serta menonton drama Korea. Menonton Variety Show Korea dan filmnya juga bisa, lho. Secara tak sadar anda akan familier dengan bahasa Korea dan jadi tau artinya.

6. Pakai Aplikasi Translator dan Berbagai Website Pembelajaran

Cara mudah bahasa Korea menjadi cepat lancar bisa juga anda terapkan dengan memakai aplikasi translator atau situs untuk belajar bahasa Korea. Ini akan sangat memudahkan anda menerjemahkan kosakata yang belum dipahami serta belajar tentang bahasa Korea lebih dalam lagi di situs pembelajaran.

Hanya dengan membuka ponsel anda, belajar kosakata bahasa Korea jadi lebih mudah dan praktis. Dengan begitu jika anda konsisten setiap hari belajar, anda akan cepat berkembang. Ada banyak aplikasi dan situs gratis yang bisa anda raih dalam belajar bahasa Korea.

7. Cobalah Berinteraksi dengan Orang Korea

Kini sudah ada banyak media di internet maupun aplikasi yang membantu belajar bahasa Korea cepat dan mudah dengan menawarkan penggunanya berinteraksi bersama pengguna lain dari berbagai negara, misalnya Korea Selatan.

Nah, anda dapat memanfaatkan aplikasi semacam ini untuk menantang diri anda. Cobalah menemukan teman dari Korea Selatan dan berinteraksi dengannya lewat aplikasi tersebut. Atau bisa juga apabila mempunyai uang yang cukup, langsung saja pergi ke Korea Selatan yang mana di sini anda akan merasa lebih tertantang lagi.

8. Kelilingi Diri Sendiri dengan Pembelajaran Bahasa Korea

Di sini bukan berarti anda harus secara terus-menerus memaksa diri anda duduk seharian belajar pelajaran bahasa Korea Selatan. Melainkan seperti apa anda mengaplikasikan atau menerapkan apa yang sudah anda pelajari di kehidupan nyata.

Kelilingilah diri dengan segala hal yang berkaitan dengan bahasa Korea, misalnya saat melihat atau membaca sesuatu berbahasa Korea, coba untuk mengartikannya. Atau pada saat bermain ponsel, cobalah mengubah pengaturan ponsel jadi bahasa Korea untuk melatih belajar baca tulis bahasa Korea anda. Anda juga bisa coba mengerjakan kuis di Internet tentang bahasa Korea.

Daily Kosakata Sederhana Bahasa Korea

Tadi anda telah mengetahui cara bahasa Korea dengan cepat. Berikut akan disajikan beberapa kosakata yang sederhana dan mudah dihafal dalam bahasa Korea. Inilah kata-kata yang sering digunakan di kehidupan sehari-hari.

  • Annyeonghaseyo : Halo/Apa Kabar
  • Kamsahamnida : Terima Kasih
  • Joesonghamnida atau Mianhamnida : Maaf
  • Eoseo osipsio : Selamat Datang
  • Jal Jinaeseyo : Selamat Bersenang-senang
  • Joeun Achimnida : Selamat Pagi
  • Oraenmaniya : Sudah Lama tak Berjumpa
  • Baegopa : Saya Lapar
  • Jal isseosseoyo : Apakah Anda Baik-Baik Saja
  • Jal Jinaesseumnida : Saya Baik-Baik Saja
  • Saengil Chukahamnida atau Saengil Chukaeyo : Selamat Ulang Tahun
  • Mannaseo Ban Gapseumnida atau Mannaseo Ban Gaweoyo : Senang Bertemu dengan anda
  • Mwol Dowa Deurilkkayo : Ada yang Bisa Saya Bantu
  • Hajimaseyo : Tolong Jangan Lakukan Itu
  • Annyeonghi Jumuseyo : Selamat Malam
  • Jaljayo : Selamat Tidur
  • Gwenchanayo : Tidak Apa-apa / Tidak Masalah
  • Eolmayeyo : Berapa?
  • Ne : Iya
  • Aniyo : Tidak
  • Isseoyo : Ada
  • Eopseoyo : Tidak Ada

Tips Tambahan

Baru saja anda telah mengetahui serta belajar bahasa korea dasar danartinya di atas. Sebaiknya anda telah memiliki motivasi yang tinggi untuk bisa belajar dengan cepat. Seperti apa tujuan anda belajar dan semacamnya. Dengan begitu anda akan terus semangat menjalani tiap langkah belajar bahasa korea.

Tentunya juga lebih efektif apabila dibandingkan dengan mempelajari bahasa Korea tanpa memiliki tujuan yang spesifik. Karena hal itu akan membuat anda kewalahan. Belajar menulis bahasa korea untuk pemula tidaklah mudah. Anda juga bisa membuat sebuah jadwal berupa pencapaian yang akan dilakukan.

Jangan lupa berikan diri sendiri penghargaan atau reward kecil-kecilan karena anda telah bekerja keras agar kedepannya semakin semangat lagi untuk belajar. Cukup sekian topik kali ini tentang cara mudah bahasa Korea anda cepat berkembang pesat, selamat belajar.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama