Daftar Biaya Kuliah Universitas Terbuka Tahun Ajaran 2021/2022

Radi Blog - Bagi anda yang sibuk dengan pekerjaan namun ingin melanjutkan studi di universitas maka Universitas Terbuka bisa menjadi solusinya. Anda tetap bisa mengembangkan karir dan juga menempuh pendidikan di universitas. hal terpenting ketika anda hendak kuliah adalah biaya pendidikan. Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas daftar biaya kuliah universitas terbuka tahun ajaran 2021/2022. Let’s cekidot

 

UT
Kampus Universitas Terbuka
 

Tentang Universitas Terbuka

Universitas Terbuka (UT) merupakan perguruan tinggi negeri ke-45 di Indonesia. Universitas Terbuka diresmikan pada tanggal 4 September 1984 berdasarkan Kepres RI No.41 Tahun 1984.

 

Terdapat 4 fakultas di Universitas Terbuka yakni Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang dibuka untuk jenjang Diploma dan Sarjana.

 

Universitas Terbuka didirikan memiliki tujuan untuk memberikan akses yang luas bagi masyarakat Indonesia, di manapun tempat tinggalnya, agar dapat memperoleh pendidikan tinggi. Bahkan jika anda berada di luar negeri sekalipun, anda juga masih bisa menempuh pendidikan formal melalui Universitas Terbuka (UT).

 

Hal tersebut sejalan dengan visi Universitas Terbuka yaitu Menjadi perguruan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ) berkualitas dunia.  Kini UT termasuk salah satu perguruan tinggi yang populer di media sosial.

 

Universitas ini menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh dan terbuka, yang berarti tidak dilakukan secara tatap muka melainkan menggunakan media baik cetak maupun non-cetak serta tidak ada pembatasan usia, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian.

 

Namun setidaknya untuk bisa mendaftar ke Universitas Terbuka, anda harus tamat jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau sederajat).

 

Biaya Kuliah Universitas Terbuka Tahun Ajaran 2021/2022

Biaya pendidikan adalah biaya yang dikenakan kepada mahasiswa untuk penyelenggaraan dan pembinaan pendidikan serta layanan administrasi akademik. Biaya pendidikan terdiri dari uang kuliah dan biaya layanan akademik lainnya. Uang kuliah UT tergantung dari skema layanan yang dipilih oleh mahasiswa yaitu skema layanan sistem paket semester (SIPAS) atau skema Non-SIPAS (per sks). 

 

A. UANG KULIAH Skema layanan Sistem Paket Semester (SIPAS) terdiri dari SIPAS Non TTM, SIPAS Semi, SIPAS Penuh, SIPAS Plus, dan SIPAS Online.

Adapun deskripsi komponen layanan setiap jenis SIPAS adalah sebagai berikut.

  • SIPAS Non TTM meliputi: OSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, praktik/ praktikum seluruh mata kuliah paket, Tutorial Online (Tuton), Ujian Akhir Semester (UAS), Tugas Akhir Program (TAP), Karya Ilmiah (Karil), Wisuda/Upacara Penyerahan Ijazah (UPI)/Pengambilan Ijazah (PI).
  • SIPAS Semi meliputi: OSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib maksimal 3 mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karil, Wisuda/UPI/PI.
  • SIPAS Penuh meliputi: OSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib seluruh mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karil, Wisuda/UPI/PI.
  • SIPAS Plus meliputi: OSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara,alih kredit, bahan ajar cetak dan digital, TTM wajib seluruh mata kuliah, praktik/praktikum, Tuton, UAS, TAP, Karil, Wisuda/UPI/PI, dan pelatihan pengembangan diri.
  • SIPAS Online meliputi: OSMB, layanan administrasi akademik, transkrip sementara, alih kredit, bahan ajar digital, praktik/praktikum Online, Tuton, Ujian Online, TAP, Karil, Wisuda/UPI/PI.

 

Rincian biaya uang kuliah di UT dengan skema SIPAS disajikan pada tabel berikut:

 

Keterangan:

1) Jumlah peserta SIPAS Plus, Penuh, dan Semi minimal 25 mahasiswa per kelas.

2) SIPAS Plus hanya ditawarkan untuk mahasiswa bidikmisi dan kerja sama.

3) Sipas Online hanya ditawarkan untuk Program Studi S1: Manajemen, Matematika, Pendidikan Matematika, dan Sastra Inggris Bidang Minat Penerjemahan

4) SIPAS mahasiswa layanan luar negeri belum termasuk biaya kirim BA.

 

Biaya Layanan Akademik Lainnya Program Diploma dan Sarjana Skema Layanan Sistem Paket Semester (SIPAS)

Biaya Uang Kuliah dan Layanan Akademik Lainnya per Semester Program Diploma dan Sarjana Non Sistem Paket Semester, serta informasi selengkapnya terdapat pada Katalog Sistem Penyelenggaraan.

 

B. BIAYA LAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK

Rincian biaya layanan administrasi akademik disajikan pada tabel berikut.

Itulah daftar biaya kuliah Universitas Terbuka tahun ajaran 2021/2022 untuk informasi lebih lanjut anda bisa klik link disini atau bisa menghubungi kontak UT dinomor 08119050024. Sekian informasi biaya kuliah di universitas terbuka semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama