Lesson 23 : Kalimat perintah dalam bahasa korea

radi blog - bahasa korea, 안녕하세요 잘 지냈죠? kabar baikkan? kami harap 친구들 baik-baik saja dan juga masi tetap semangat mempelajari bahasa korea. Pada lesson 23 kita akan belajar mengenai 2 cara untuk memerintah atau meminta sesuatu terhadap lawan bicara dalam artian kita akan membuat kalimat perintah dalam bahasa korea. Bagaimana cara membuat kalimat perintah dalam bahasa korea mari kita simak penjelasan berikut.

Lesson 23 : Kalimat perintah dalam bahasa korea


Kalimat perintah adalah kalimat yang digunakan untuk meminta atau memerintah lawan bicara untuk melakukan suatu hal atau kegiatan. Untuk memerintah atau meminta sesuatu dalam bahasa korea kita bisa menggunakan kata ~주세요 atau kata ~아/어 주세요. keduanya merupakan bentuk perintah, yang akan kita pelajari pada lesson 23 yakni kata ~주세요 sedangkan untuk kata ~아/어 주세요 akan dibahas pada pembahasan berikutnya atau lesson 24.


bahasa korea eps topik

Struktur ~주세요

Dilihat dari asalnya bahwa kata ~주세요 berasal dari kata 주다 (memberi) dan 세요 sebuah akhiran yang digunakan memerintah atau meminta lawan bicara untuk melakukan sesuatu. kita pernah membahas tentang akhiran ~세요 bisa dilihat lebih lanjut disini 👉 Penggunaan Kata ~세요.

Jadi kata ~주세요 dapat kita artikan menjadi "berilah, berikanlah, tolong berilah..., Tolong kasih saya... Dan lain sebagainya".

Kata ~주세요 hanya digunakan saat kita meminta kepada lawan bicara untuk memberikan benda yang kita maksud jadi hanya benda atau barang yang kita minta, bukan meminta atau memerintah lawan bicara untuk melakukan aktivitas misalnya meminta seseorang untuk melakukan pekerjaannya, memerintah untuk membuka pintu dan lain-lain. sehingga polanya sebagai berikut.

Kata Benda + 주세요

Contoh kalimat :
  • 돈을 주세요. (Tolong beri saya uang)
  • 그 가방을 주세요. (Tolong berikan tas itu)
Contoh percakapan :
  • 가 : 뭘 드릴까요? (Mau [saya] beri apa?)
  • 나 : 커피 두잔 주세요 (Tolong beri dua cangkir kopi)
  • 가 : 오렌지 얼마예요? (Jeruk berapa harganya?)
  • 나 : 한개 천원이에요 (satunya seribu won)
  • 가 : 그럼, 오렌지 다섯개 주세요 (kalau begitu, beri [saya] lima buah jeruk)

Pada contoh diatas terdapat satuan seperti 잔(cangkir) dan 개 (buah) untuk lebih jelasnya tentang satuan bisa dilihat disini 👉 satuan hitung bahasa korea.


Cukup sekian pembahasan materi lesson 23 : kalimat perintah dalam bahasa korea. jadi untuk membuat kalimat perintah kita bisa menggunakan kata ~주세요.  pesan saya terus mengulas materi sebelumnya karena apa yang kita pelajari saat ini berhubungan dengan yang telah kita pelajari sebelumnya. 화이팅~~

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama