Arti Kata Ne dan Aniyo Bahasa Korea (네 dan 아니요)

radi blog, kembali lagi kita pada sharing belajar bahasa korea. nah, Sekarang kita akan mempelajari arti kata “ne” dan “aniyo”. Bagi yang suka nonton drakor tentunya pernah denger atau bahkan sering diucapkan kata ne dan aniyo dalam drama korea karena ke dua kata tersebut sering sekali diucapan dalam kehidupan sehari-hari. lalu apa arti kata ne dan aniyo tersebut? let's cekidot kita bahas 


belajar bahasa korea


Arti Ne dan Aniyo Bahasa Korea 


Kata Ne dalam bahasa korea atau hangul ditulis dengan 네, sedangkan Aniyo ketika ditulis hangulnya menjadi 아니요. kata 네 dan 아니요 merupakan  bentuk 존댓말 [jondaetmal], bahasa yang sopan yang memiliki arti: 

  • 네 [ne] = Ya.
  • 아니요 [aniyo] = Tidak. 

di Korea ketika orang mengucapkan “네” [ne] tidak harus berarti “Ya” dalam bahasa Indonesia. Sama halnya juga dengan kata “아니요” [aniyo] tidak mesti berarti “tidak”. 


Karena dalam bahasa korea “네” [ne] mengekpresikan bahwa kita “setuju” dengan apa yang orang lain katakan. sedangkan “아니요” [aniyo] mengekpsresikan kita tidak “setuju” atau “menolak” apa yang orang lain katakan. 


Contoh: 

  • 가 : 커피 안 좋아해요? [keo-pi an jo-a-hae-yo?] = Apakah kamu tidak suka kopi?
  • 나 : 네 (ne) = iya 

Keterangan :

Pada contoh diatas jawaban dari pertanyaan “apakah tidak suka kopi?” maka lawan bicara menjawab 네 (ne) “ya”. Maksudnya kata 네 disini “tidak, saya tidak suka kopi”. 


Jadi kata “네” memiliki banyak arti seperti Itu benar / Saya setuju / Kedengaranya bagus / Apa yang kamu katakan adalah benar. 


Begitupun dengan kata 아니요 [aniyo] memiliki banyak makna seperti Itu tidak benar / Saya tidak setuju / Kedengaranya tidak bagus / Apa yang kamu katakan adalah tidak benar. 


Misal ketika ditanya “Apakah kamu tidak suka kopi?” dalam bahasa korea, jika seseorang menjawab dengan tidak suka kopi, ia akan mengatakan dengan “Tidak” dalam bahasa indonesia namun dalam bahasa korea menjawab “네”[ne]. Dan jika seseorang suka kopi, dia akan mengatakan “Ya” tetapi “아니요” dalam bahasa Korea. 


Contoh: 

  • 가 : 커피 좋아해요? [keo-pi jo-a-hae-yo?] = Apakah kamu suka kopi?
  • 나 : 네. 좋아해요. [ne. jo-a-hae-yo] = Ya, saya suka kopi.

  • 가 : 커피 좋아해요? [keo-pi jo-a-hae-yo?] = Apakah kamu suka kopi?
  • 나 : 아니요. 안 좋아해요. [aniyo. an jo-a-hae-yo] = Tidak, saya tidak suka kopi.

  • 가 : 커피 안 좋아해요? [keo-pi an jo-a-hae-yo?] = Kamu tidak suka kopi?
  • 나 : 아니요. 좋아해요. [aniyo. jo-a-hae-yo] = Ya, saya suka kopi.

  • 가 : 커피 안 좋아해요? [keo-pi an jo-a-hae-yo?] = Kamu tidak suka kopi?
  • 나 : 네. 안 좋아해요. [ne. an jo-a-hae-yo] = Tidak, saya tidak suka kopi. 

oia tidak perlu khawatir tentang bagian dari contoh kalimat diatas, hanya saja ingat bahwa sistem bahasa korea untuk mengatakan YA atau tidak adalah berbeda dengan sistem di bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. 

  • “네” bisa berarti lebih dari sekedar YA atau YA Anda benar. 

Ketika 네 [ne] digunakan untuk mengekspresikan “Ya” atau “Ya Anda benar”, ia juga digunakan untuk mengisi sebuah percakapan . 


Jika temen-temen mendengarkan dua orang korea berbincang-bincang satu sama lain, maka akan sering mendengar mereka mengatakan 네 [ne], bahkan jika yang dimaksudkan bukan “Ya”. 


untuk lebih jelasnya perhatikan contoh dibawah ini dan bayangkan bahwa kedua orang tersebut merupakan orang Korea. 


A: Tahukah kamu, aku membeli buku ini kemarin

B: 네 [ne]


A: dan aku sungguh menyukainya.

B: 네 [ne]


A: Tapi ini agak sedikit mahal.

B: 네 [ne]


A: Tahukah kamu berapa harganya?

B: Berapa harganya?


A: Harganya 1000 won!

B: 네? [ne?] 


Jadi, seperti yang kita lihat diatas, 네 [ne] adalah multi-fungsi. Dia dapat menjadi: 


Ya / Itu benar, Tapi juga, Saya tahu / Saya mengerti / Ya saya disini! (ketika seseorang memanggilmu) / Saya sudah mengerti / Ah-ha. / dan lain-lain 


Karena 네 [ne] dan 아니요 [aniyo] dikhususkan untuk lebih untuk setuju atau tidak setuju dibandingkan dengan apakah sesuatu itu benar atau tidak, dan karena 네 bisa berarti “Saya lihat.” atau “Ah-ha.” juga, Orang korea sering menambahkan ungkapan ini , 맞아요 [ma-ja-yo] sesudah 네 [ne]. 

  • 맞아요 [majayo] benar 

  • 네, 맞아요. [ne, ma-ja-yo] = Ya , itu benar. 

Ini adalah salah satu cara untuk mengungkapkan secara lebih kuat dan jelas bahwa kita mengucapkan “Ya kamu benar” dibandingkan dengan hanya mendengarkan secara pasif. 

  • 네[ne] lagi. 

네[ne] adalah mengagumkan. Ia dapat menjadi apapun, tapi juga bisa menjadi berarti “Apa yang kamu katakan?” 


Bayangkan seseorang berkata kepadamu akan tetapi kamu tidak bisa mendengar apa yang dia katakan dengan baik atau kamu tidak terlalu memperhatikan apa yang dia katakan. Kemudian kamu mengatakan “네?” [ne?] yang berarti “permisi?” “Oh maaf?” “Apa yang kamu katakan?” “saya tidak mendengarnya dengan baik.” kamu juga dapat menggunakan “네[ne]?” untuk menunjukkan keterkejutanmu. 


A: Saya sudah membeli hadiah untukmu.

B: 네? [ne?]


A: Saya bilang, Saya sudah membeli hadiah untukmu?

B: 네? [ne?]


A: Oh..lupakan.

B: 네? [ne]?


Oke cukup sekian sharing tentang arti kata ne dan aniyo bahasa korea, semoga bermanfaat dan sampai bertemu di sharing selanjutnya. 안녕하세요~~

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama