3 Tips Menguasai Bahasa Korea Cara Belajar Huruf Hangeul

Cara Belajar Huruf Hangeul dari Bahasa Korea yang terbilang cepat dan singkat, yakni dengan selalu mengulang dalam menulis dan melafalkannya berkali-kali. Belajar bahasa asing, termasuk belajar Bahasa Korea tentu merupakan tantangan tersendiri dan menarik buat Anda. Seperti jika Anda belajar Bahasa Rusia, belajar Bahasa Jepang, atau bahasa Cina, maka dengan belajar Bahasa Korea pun Anda harus memahami huruf Hangeul asal negara ginseng tersebut.

cara belajar huruf hangeul


Huruf Hangeul merupakan huruf-huruf aksara milik orang Korea. Berbeda dengan orang Indonesia yang menulis dan membaca dalam bahasa dengan huruf latin. 

Jadi, Huruf Hangeul merupakan huruf-huruf alphabet yang berasal dari Bahasa Korea yang mempunyai 40 karakter. Dari puluhan karakter itu,, Huruf Hangeul terbagi dalam 4 kategori, yakni adanya 10 Huruf Vokal, 11 karakter Huruf Vokal Gabungan, 14 karakter Huruf Konsonan Dasar,  5  karakter Konsonan Ganda atau Rangkap, serta Konsonan Akhir.

Bentuk huruf-huruf Hangeul itu sangat unik dan khas, seperti huruf atau angka simbol dan kode di dalam menulisnya. Bukan cuma menulisnya saja yang unik, namun Anda juga harus melafalkan atau mengucapkan huruf-huruf tersebut bukan dengan gaya bahasa Indonesia atau Inggris. Seperti misal huruf “Gork” yang pengucapannya “Gi-Yeok”.

Lalu bagaimana Anda bisa memperdalam Bahasa Korea dan Cara Belajar Huruf Hangeul yang lebih praktis dan mudah? Berikut kita bahas bersama.

3 Tips Belajar Bahasa Korea yang Cepat dan Mudah

Jika Anda tertarik memperdalam Bahasa Korea, dan memang membutuhkannya untuk suatu hal, seperti  pendidikan, pekerjaan, atau usaha, bahkan sekedar ingin tahu serta ingin lebih memahami drama Korea yang sedang Anda ikuti, maka berikut ada 3 Tips belajar Bahasa Korea  yang cepat dan mudah.

Berikut tips-tips yang bisa Anda terapkan saat memperdalam Bahasa Korea, yakni:

1. Mempelajari Akasara Korea

Anda harus belajar aksara Korea, yakni Huruf Hangeul sebagai huruf-huruf alphabet dengan aksara yang khas. Kuasai, hafalkan dan lafalkan secara berulang-ulang. Ini sangat bagus juga untuk memperkuat daya ingat kerja otak Anda sendiri;

2. Belajar Bilangan Korea

Anda juga harus memelajari sistem bilangan Korea, yakni Sino dan bilangan asli. Bilangan Sino merupakan kumpulan bilangan yang asalnya dari Cina. Bilangan atau Angka Sino akan menyebut angka diatas 100, yakni 150, 1000, 2000 dan seterusnya. Juga dipakai untuk menyebutkan menit dalam waktu. Sedangkan Angka Asli Korea tidak akan menyebut angka diatas 99, dan biasa menyebutkan jam sebagai penunjuk waktu.

Dalam keseharian masyarakat Korea Selatan, bilangan atau Huruf Sino justru lebih banyak digunakan daripada bilangan Asli Korea tersebut. Tapi kedua jenis bilangan itu tetap penting dan wajib Anda kuasai saat belajar Bahasa Korea;

3. Perbanyak Kosa Kata

Perbanyak Kosa Kata atau vocabulary, dan pembendaharaan kata dari Bahasa Korea tersebut. Dalam pelafalan, tulisan dan kosa kata asal Korea itu memang tidak disebut ke dalam gaya Inggris. Ada penyebutan dan pelafalan yang khas tentunya. 

Jadi ada baiknya Anda berada dalam lingkungan komunitas orang-orang yang juga sedang memperdalam Bahasa Korea, bisa juga mengikuti kursus Bahasa Korea, dan terbiasa melihat dan menyimak film, lagu, dan drama seri yang menggunakan Bahasa Korea tersebut;

Demikian ulasan 3 Tips belajar Bahasa Korea dan Cara Belajar Huruf Hangeul. Cari dan temukan Materi Bahasa Korea Lengkap yang bisa Anda peroleh dari tempat kursus Bahasa Korea yang mumpuni.

Semoga Bermanfaat! 

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama