Cara Mempelajari Materi Bahasa Korea Lengkap

Industri hiburan Korea Selatan memang sukses menarik banyak perhatian masyarakat dunia. Tidak hayal banyak sekali yang ingin mengetahui tips belajar bahasa Korea dengan cepat dan mudah. Bagi Anda yang ingin mempelajari materi bahasa Korea lengkap, perlu dilakukan usaha yang keras agar bisa cepat menguasainya. Namun, apakah bahasa Korea mudah dipelajari? Tentunya tidak ada bahasa yang benar-benar mudah dipelajari, begitu juga dengan bahasa Korea.

Materi Bahasa Korea Lengkap

Diperlukan usaha yang gigih dan niat yang kuat untuk belajar bahasa Korea dengan cepat dan mudah. Belajar bahasa Korea tidak hanya memungkinkan untuk melakukan komunikasi dengan lebih banyak orang, namun juga sangat diperlukan untuk membuka usaha bisnis. Untuk bisa memahami cara belajar bahasa Korea dengan benar, maka simak pembahasan lengkap mengenai tips berbahasa Korea yang ada di bawah ini khusus untuk Anda. 

Belajar Banyak Tentang Hangul

Hangul merupakan sebutan untuk huruf-huruf alphabet atau semacam huruf-huruf dalam bahasa Korea. Walaupun karakter Hangul memang tampak asing tetapi sebenarnya alphabet Korea tidak sulit untuk dipelajari. Hangul sendiri terdiri atas 24 huruf diantaranya 14 konsonan dan 10 vokal. Belajar mengenal huruf Korea terdiri atas bentuk konsonan tertulis didasarkan atas bentuk mulut setiap ingin mengeluarkan suara. Lalu bagaimana dengan vokal Hangul?

Cara terbaik belajar bahasa Korea yaitu dengan membiasakan diri menggunakan semua huruf. Setelah berhasil menguasai semua alphabet, maka Anda bisa mencoba mengasosiasikan suara dan huruf dengan menggunakan kosakata bahasa Korea. Untuk bisa berbicara bahasa Korea dengan lancar, maka Anda perlu mempelajari materi bahasa Korea dasar. Setelah menguasai huruf dasar, maka bisa ke langkah selanjutnya untuk menguasai hal-hal yang lebih sulit. 

Memperbanyak Menghafal Kosakata

Memperbanyak kosakata Korea bisa dilakukan dengan melihat banyak percakapan bahasa Korea pemula. Mulailah untuk mencoba dasar-dasar seperti angka, nama hari dalam seminggu, serta frasa percakapan dasar. Silahkan tambahkan kosakata yang berkaitan dengan alasan Anda ingin belajar Bahasa Korea. Misalnya ingin belajar Bahasa Korea untuk berwisata, maka fokus kenali dan pelajari kata-kata yang berhubungan dengan arah dan juga transportasi. 

Jika Anda tertarik untuk mengenal dan menghafal makanan Korea fokuskan pada kosakata yang berhubungan dengan masakan. Dengan metode tersebut, maka belajar Korea akan lebih asik dan menyenangkan. Setidaknya luangkan waktu untuk belajar percakapan entah itu dari video Youtube atau dari materi majalah yang membahas tentang bahasa Korea. Jangan malas-malas untuk menambah kosakata baru setiap harinya agar Anda semakin kenal dengan bahasa Korea. 

Beri Label Pada Benda-Benda Tertentu

Untuk membantu menghafal materi bahasa Korea lengkap cobalah terlebih dahulu memberi label pada benda-benda sekitar. Letakkan label bahasa Korea pada benda-benda sekitar Anda seperti televisi, pintu, boneka, pulpen, dan benda lainnya. Ketika melewati barang atau ruangan dengan menggunakan label tersebut, maka tantang diri sendiri untuk menebak kata sebelum mengintip catatan yang nantinya akan ditempel. 

Coba Ikuti Kelas Bahasa Korea Bersama Dengan Grup

Walaupun belajarbahasa Korea yang gampang sangat menyenangkan, namun terkadang kebiasaan tersebut akan membuat Anda merasa bosan. Cobalah untuk mengikuti kelas Bahasa Korea bersama dengan kelompok baik secara online maupun offline misalnya melalui Telegram atau WhatsApp. Kelas bahasa Korea yang dilakukan bersama kelompok memang lebih dinamis daripada harus belajar secara mandiri. 

Anda akan lebih mudah mendapatkan umpan balik instan dari instruktur ataupun interaksi dari siswa lainnya. Ini merupakan cara yang paling baik untuk melatih keterampilan percakapan sambil belajar bersama dengan topik-topik penting. Topik-topik penting yang bisa dipelajari seperti tata bahasa, pengucapan, dan komponen kalimat lainnya. Bagaimana apakah Anda siap untuk belajar Bahasa Korea dengan cara yang menyenangkan? 

Tonton K-Drama ataupun K-Pop

Menonton film, drama, dan acara TV Korea merupakan materi bahasa Korea untuk pemula yang sangat menyenangkan. Anda bisa belajar dengan efektif dengan menonton hiburan yang menggunakan bahasa Korea dalam sehari-harinya. Semakin banyak media Korea yang bisa diambil, maka perkembangannya juga akan semakin baik. Setelah beberapa saat, Anda mungkin akan merasa terkejut dengan kemampuan otak dalam menghubungkan frasa dan kosa kata. 

Berlatih Membaca Bahasa Korea

Mendengarkan bahasa Korea lewat TV dan radio tentunya akan membantu telinga terbiasa dengan kosakata baru menggunakan bahasa Korea. Namun, Anda juga jangan sampai melupakan akan pentingnya membaca. Cara berbicara bahasa Korea dengan lancar perlu diawali dengan banyak membaca majalah, buku, dan surat kabar dalam bahasa Korea. Lihat seberapa jauh kemampuan Anda dan mulailah bercerita lewat peristiwa dan konten yang lebih menantang. 

Sambil lingkari kata atau frasa Korea yang sebelumnya tidak dikenali. Gunakan kamus untuk bisa mencarinya dan mencatatnya. Belajar membaca bahasa Korea diperlukan konsisten yang tinggi, apalagi untuk mendapatkan kosa kata baru setiap harinya. Jika Anda berhenti menambah kosakata baru, maka bisa saja semua kosakata yang sudah dihafalkan hilang dari pikiran. Setidaknya hafalkan kosakata bahasa Korea sebanyak 20-30 setiap harinya. 

Coba Memulai Menulis Jurnal

Cara mudah memahami bahasa Korea bisa dilakukan dengan menulis jurnal harian dengan menggunakan bahasa Korea. Sebenarnya ini bukanlah cara terbaik untuk melatih kosakata, tetapi cara yang bagus untuk menulis tentang masa lalu, sekarang, dan juga masa depan. Jika Anda masih berada di tingkat pemula, maka mulailah untuk mencatat apa yang ingin dilakukan setiap hari. Saat akan memulai latihan, coba siapkan kamus Bahasa Korea untuk mencari kata baru. 

Menginstal Aplikasi Dengan Menggunakan Bahasa Korea

Pada era digital saat ini, Anda mungkin banyak menghabiskan waktu dengan ponsel, bukan? Jadi cobalah untuk memanfaatkannya untuk mengenal huruf abjad Korea dan cara membacanya dengan menggunakan aplikasi. Kabar baiknya, ada banyak sekali aplikasi untuk belajar Bahasa Korea yang bisa membantu menguasainya dengan cara yang lebih menyenangkan. Anda nantinya bisa menemukan beberapa aplikasi yang fokus dengan tata bahasa dan kosakata. 

Mempelajari Kata Pinjaman atau Konglish 

Setelah mengetahui carabelajar huruf Hangeul, maka Anda juga perlu mempelajari kata-kata pinjaman atau konglish. Bahasa Korea sendiri memiliki banyak sekali kata pinjaman dan Inggris gaya Korea yang dinamakan dengan Konglish. Konglish singkatan dari Bahasa Korea + Inggris yang merupakan bagian dari kosakata sehari-hari. Kata pinjaman merupakan kata-kata bersuara yang artinya sama dengan Bahasa Inggris. 

Belajar untuk Membuat Kalimat

Mungkin dari sekian steps, membuat kalimat merupakan bagian yang paling sulit. Bahasa Korea sebenarnya hanya akan terasa sulit di awal. Jika semuanya sudah terlewati, maka bagian lainnya juga akan semakin mudah. Bahasa Korea biasanya memiliki struktur kalimat yang sangat berbeda dengan model Bahasa Indonesia dan juga Bahasa Inggris. 

Bahkan dalam Bahasa Korea sekalipun, Anda harus belajar membedakan kata kerja, kata sifat, dan kata benda. Bahasa Korea memiliki beberapa macam partikel yang berbeda-beda dan perlu menerapkan grammar yang berbeda pula. Pelajari materi bahasa Korea lengkap tiap harinya untuk memaksimalkan kemampuan Anda dalam berbicara pastinya. 

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama