Materi Belajar Baca Tulisan Korea Atau Hangeul Untuk Pemula

Tidak seperti belajar menulis huruf Korea, belajar baca tulisan Korea relative lebih mudah. Jika belajar serius, dalam satu minggu anda sudah bisa membaca tulisan Korea dengan benar. Untuk membaca Bahasa Korea dengan benar, anda harus membiasakan huruf hangeulnya, jangan hanya membaca huruf latinnya saja. Karena terkadang pengucapan keduanya sangat berbeda. Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan belajar membaca baca huruf hangeul dengan benar.

Belajar Baca Tulisan Korea

Cara Pengucapan Bunyi Huruf Korea yang Benar

Dalam belajar huruf Korea, anda perlu mengenal dan memahami materi belajar Bahasa Korea untuk pengenalan huruf Hangeul.

Berbeda dengan membaca huruf latin atau romawi, aturan huruf korea memiliki bunyi awal, bunyi tengah, dan bunyi akhir yang selalu berubah tergantung letak posisi dari huruf tersebut. Ada 4 cara pengucapan bunyi huruf korea yang wajib anda ketahui jika belajar baca tulisan Korea, diantaranya:

Bunyi Kuat dan Tajam

Bunyi kuat dan tajam berarti ketika bertemu huruf korea ” (CC), “” (KK), “” (TT), “” (PP), dan “” (SS) harus diucapkan dengan bunyi yang kuat dan tajam dari  bunyi huruf konsonan tunggalnya. 

Bunyi Aspirasi

Bunyi aspirat adalah pengucapan sebuah konsonan yang disertai sebuah hembusan udara. Huruf konsonan hangeul yang diucapkan dengan bunyi aspirat yaitu ” (CH), “” (KH), “” (TH), dan “” (PH).

Bunyi Samar

Bunyi samar merupakan pengucapan huruf konsonan Korea secara samar atau tidak jelas. Huruf-huruf hangel yang diucapkan dengan sama memiliki dua huruf yaitu “” (K/G), “” (T/D), “” (P/B), “” (R/L), dan “” (C/J).

Bachim

Batchim adalah pengucapan bunyi konsonan akhir pada suku kata yang harus berubah bunyi pengucapannya ketika bertemu huruf tertentu. Anda bisa pelajari lengkapnya dalam pembahasan belajar pelafaran bachim.

Belajar Membaca Kosakata Korea

Contoh kosakata Bahasa Korea yang akan kita bahas yaitu “장갑” yang artinya “sarung tangan” dan dibaca “changgap”. Jika diuraikan menurut huruf hangeulnya ada 6 huruf berikut ini:

= huruf ini merupakan huruf konsonan dasar yang dibaca CH jika diawal, J jika berada ditengah, dan T jika berada diakhir.

= huruf ini adalah huruf vocal dasar yang dibaca A

= merupakan huruf konsonan dasar yang hanya bisa ditemuka pada akhir saja, dibaca NG

= merupakan huruf konsonan dasar juga, dibaca K jika posisinya di awal, G jika di tengah, dan K jika posisinya di akhir.

= merupakan huruf vokal dasar yang dibaca A

= merupakan huru konsonan dasar, dibaca P jika posisinya berada di awal, B jika tengah, dan P jika berada di Akhir.

Itulah sedikit penjelasan mengenai belajar baca tulisan Korea. Tetaplah berlatih membaca huruf Korea agar semakin terbiasa. Semangat.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama