Belajar Bahasa Korea, Begini Cara Mudah Dan Efektifnya

Menguasai bahasa asing merupakan keahlian yang berguna sekali untuk kembangkan diri. Selain bahasa Inggris, ada bahasa lain yang dapat bantu Anda bersaing di dunia profesional, satu di antaranya adalah Bahasa Korea. 

Seiring meningkatnya popularitas Korea, maka minat untuk belajar Bahasa Korea pun semakin tinggi. Materi belajar Bahasa Korea pun disebut-sebut sebagai salah satu bahasa mudah untuk dipelajari dibandingkan dengan Bahasa Jepang dan Bahasa Mandarin.

materi belajar bahasa korea


Lalu, apakah ada cara mudah untuk pelajari Bahasa Korea? Nah, Anda bisa simak cara cepat menguasai Bahasa Korea berikut ini.

Cara Cepat dan Efektif Belajar Bahasa Korea

1. Pelajari Hangeul

Materi belajar Bahasa Korea pertama perlu dipelajari adalah mempelajari Hangeul atau huruf-huruf Korea. Pada awal belajar bahasa asing, Anda harus kuasai alphabet yang dipakai pada bahasa asing tersebut dengan menyeluruh. Ini akan jadi awal yang baik pada perjalanan Anda untuk menguasai bahasa tersebut. Maka dari itu, Anda perlu belajar menulis hangeul Korea dalam mempelajari bahasa tersebut. 

2. Mengembangkan Kosakata

Setelah belajar abjad Korea bagi pemula yang ingin menguasai Bahasa Korea, berikutnya Anda perlu mengembangkan kosakata. Sebaiknya Anda memulai dengan angka, hari-hari, serta frasa percakapan yang sederhana. 

3. Mengetahui Kata-Kata Pinjaman

Cara mempelajari Bahasa Korea dengan mudah adalah dengan ketahui kata-kata pinjaman. Bahasa Korea mempunyai banyak kata pinjaman atau yang disebut dengan “Konglish” (Bahasa Korea dan Inggris). Kata-kata seperti ini adalah bagian yang penting dari kosakata Korea sehari-hari. Kata pinjaman merupakan kata-kata bersuara serta mempunyai arti sama dengan kata-kata Bahasa Inggris. Kata-kata ini mudah untuk diingat, karena terdengar layaknya Bahasa Inggris, walaupun aksennya Korea. 

4. Latihan Baca dengan Benar

Mungkin ketika belajar pertama kali, cara bicara dan belajar baca tulisan Korea hanya berdasarkan pada yang tertulis pada website tempat Anda belajar. Namun sebenarnya, sambil melancarkan kemampuan baca Anda dengan cara dengarkan lagu serta baca lirik, Anda dapat juga buat cara Anda terdengar layaknya orang Korea asli. 

5. Menghafalkan Kata-Kata Bahasa Korea dari K-Pop dan Drama

Cara agar bisa Bahasa Korea dengan cepat selanjutnya adalah menghafalkan kata-kata di dalam Bahasa Korea sebelum coba buat kalimat. Cara terdasar untuk menghafalnya adalah cari berbagai kata tersebut dari buku belajar Bahasa Korea. Namun, jika Anda ingin belajar Bahasa Korea lebih seru, Anda bisa menghafalkan kata-kata dari lagu-lagu K-pop, drama, hingga variety show

6. Belajar Buat Kalimat

Mungkin dari langkah-langkah yang ada, ini merupakan langkah tersulit yang harus Anda lalui. Bahasa Korea akan terasa sulit sekali di awal saja. Setelah semua kesulitan tersebut Anda lewati, lainnya pun akan jadi jauh lebih mudah. 

Bahasa Korea mempunyai struktur kalimat yang berbeda sekali dengan Bahasa Indonesia ataupun Bahasa Inggris. Bahkan pada Bahasa Korea, Anda harus dapat belajar bedakan mana yang kata kerja, kata sifat, serta kata benda. Karena mereka mempunyai macam-macam partikel berbeda dan akan buat Anda harus memakai berbagai macam grammar yang juga berbeda. 

7. Mengelilingi Diri dengan Bahasa Korea

Salah satu cara belajar Bahasa Koreauntuk sehari hari adalah mengelilingi diri Anda dengan Bahasa Korea. Hal ini merupakan salah satu cara paling baik untuk simpan informasi di kepala tentang Bahasa Korea. Anda pun bisa mengubah pengaturan Bahasa pada ponsel jadi Bahasa Korea atau Anda menulis catatan pengingat aktivitas harian menggunakan Bahasa Korea. 

8. Mencintai Kehidupan Sosial Korea

Cara belajar Bahasa Korea yang selanjutnya adalah dengan cintai dan benamkan diri penuh ke dalam kehidupan sosial Korea. Jika Anda memiliki uang dan waktu, cara paling baik belajar Bahasa Korea adalah dengan masuk ke dalam budaya Korea sepenuhnya. 

Aturlah perjalanan ke Korea, lalu Anda akan dipaksa bicara Korea dan baca tulisan Korea pada tiap langkahnya. Pastinya, banyak orang Korea yang bisa bicara Bahasa Inggris dengan baik, tapi Anda cobalah untuk berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Korea saat Anda berkunjung ke sana. Sebagai upaya yang terakhir, jelaskan saja jika Anda sedang belajar Bahasa Korea. 

9. Mengawali dengan Pengucapan Salam serta Sapaan yang Benar

Pelajari bahasa-bahasa sapaan untuk memudahkan Anda dalam lafalkan dan untuk mulai tumbuhkan rasa percaya diri di dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Korea. Mempelajari bahasa-bahasa sapaan merupakan cara cepat belajar percakapan Korea

10. Menentukan Cara Paling Baik Pembelajaran untuk Anda

Cara kelima bisa Anda lakukan untuk belajar Bahasa Korea adalah dengan tentukan cara paling baik apa yang cocok dengan cara belajar Anda. Hal itu karena tiap orang mempunyai cara sendiri-sendiri, jadi dengan tentukan jenis pembelajaran yang ingin digunakan akan berperan sekali. 

Nah, itulah cara belajar Bahasa Korea dengan cepat. Seperti yang disebutkan di atas, materi belajar Bahasa Korea cukup mudah untuk dipelajari dibandingkan Bahasa Mandarin dan Bahasa Jepang. Selain itu, belajar Bahasa Korea mempunyai sejumlah manfaat yang bisa Anda rasakan. Berikut ini di antaranya.

Manfaat Belajar Bahasa Korea

1. Tingkatkan Kemampuan Otak

Belajar Bahasa Korea, apalagi bahasa dengan huruf berbeda bisa rangsang dan tingkatkan aktivitas otak, serta secara langsung bisa tingkatkan kesehatan otak. Ini akan memberikan pengaruh pada kapasitas memori otak yang meningkat sehingga Anda juga menjadi lebih mudah di dalam pecahkan masalah secara logis dan cepat. 

2. Mengenal Budaya Korea secara Lebih Dalam

Mempelajari Bahasa dari suatu negara adalah faktor penting di dalam mengenal budayanya secara lebih dalam. Dimungkinkan untuk pelajari sejarah Korea dengan baca teks Bahasa Inggris. Namun, Anda tidak bisa secara sepenuhnya pahami budaya mereka tanpa kuasai bahasa karena mereka terhubung satu dengan yang lainnya. 

3. Nyaman Bepergian ke Korea 

Salah satu alasan yang utama mengapa pelajar Korea pilih untuk belajar bahasa adalah untuk memakai pengetahuan ketika mereka pergi ke negara lain. Korea Selatan merupakan tujuan wisata populer sekarang ini. Tak heran jika banyak wisatawan yang memilih Korea sebagai negara tujuan wisata saat liburan. 

Jika suatu hari Anda berkunjung ke Korea Selatan, Anda tak perlu merasa kesulitan tanyakan arah atau bicara dengan penduduk asli sana ketika berbelanja. Anda akan bisa lakukan perjalanan serta jelajahi negara Korea dengan nyaman. 

Selain manfaat-manfaat di atas, manfaat belajar Bahasa Korea untuk kerja di Korea supaya Anda bisa berkomunikasi dengan lebih baik. Belajar Bahasa Korea bisa dilakukan dengan banyak cara. Anda bisa belajar sendiri melalui buku dan internet atau Anda bisa ikut lembaga belajar Bahasa Korea. 

Ada beberapa jenis tempat belajar Bahasa Korea sekarang ini, yakni:

Beberapa Jenis Tempat Belajar Bahasa Korea

1. Lembaga Formal

Untuk Anda yang ingin serius belajar Bahasa Korea, misal untuk kerja dan studi, maka pilih lembaga yang sifatnya resmi. 

2. Tempat Kursus

Tempat kursus mempunyai banyak pilihan kelas seperti regular, topik umum, topik khusus, intensif, semi-privat, dan privat. Anda bisa memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan. 

3. Kelas Online

Belajar Bahasa Korea pun bisa dilakukan online. Kelas ini banyak peminatnya karena biaya terjangkau dan jadwal yang fleksibel.  

Nah, demikian pembahasan mengenai belajar Bahasa Korea. Anda yang ingin belajar Bahasa Korea memang cukup banyak materi belajar Bahasa Korea yang perlu dipelajari. Memang sulit di awal, tapi lama-kelamaan akan mudah dan menyenangkan. 


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama