Panduan Belajar Abjad Korea Bagi Pemula

Korea Selatan, saat ini sedang menjadi pusat perhatian masyarakat seluruh dunia. Mulai dari musik, film hingga tempat wisatanya. Hal itu membuat banyak orang tertarik belajar berbahasa Korea. Bahkan sampai mencari kursus materi belajar bahasa Korea. Apakah Anda juga termasuk? Jika, iya, cobalah ikuti belajar abjad Korea bagi pemula berikut ini:

Belajar Abjad Korea Bagi Pemula

1. Huruf Vokal

Penyebutan untuk nama alfabet di Korea disebut huruf Hangeul yang jumlahnya 40 karakter. Sedangkan alfabet yang telah ditulis menjadi satu kata, kalimat, dan paragraf disebut hangukeo yang artinya Bahasa Korea. 

Sama seperti dalam bahasa Indonesia, dalam bahasa Korea terdapat huruf vokal yang dibedakan menjadi dua. Pertama, vokal dasar.

Huruf vokal dasar ada 10 karakter, sebagai berikut:

(a)

(ya)

(eo)

(yeo)

(o)

(yo)

(u)

(yu)

(eu)

(i)

2. Vokal Rangkap

Nah, sampai sini hampir sama bukan dengan penyusun dalam bahasa Indonesia? Karenanya, belajar abjad Korea bagi pemula ini akan cukup mudah Anda pelajari.

Vokal rangkap dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan istilah diftong. Huruf vokal rangkap ada 11 karakter, sebagai berikut:

(ae)

(yae)

(e)

(ye)

(wa)

(wae)

(oe)

(wo)

(we)

(wi)

(eui)

3. Huruf Konsonan

Sama seperti huruf vokal, konsonan dalam bahasa Korea dibagi menjadi dua. Pertama adalah konsonan dasar yang ada 14 karakter, seperti berikut:

(g/k)

(n)

(d)

(r/l)

(m)

(b/p)

(s)

(jh)

(ch)

(kh)

(th)

(ph)

(h)

(-)

4. Huruf Konsonan Rangkap

Bagian dari huruf konsonan ini, biasa disebut dengan konsonan kembar dengan 5 karakter, sebagai berikut:

(kk)

(tt)

(pp)

(ss)

(jj)

5. Konsonan Akhir

Konsonan akhir dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan huruf mati, yang mana huruf tersebut muncul setelah huruf vokal dan dibaca mati. Misalnya, bak (k merupakan konsonan akhir), kan (n merupakan konsonan akhir), dan lainnya.

Sementara untuk bahasa Korea, yang dapat menjadi konsonan akhir antara lain:

- - (k)

(n)

(l)

(m)

- (p)

(ng) : huruf hangul ini sama dengan huruf konsonan dasar yang tidak bersuara. Namun, akan berubah suaranya menjadi 'ng' saat digunakan diakhir kata.

Itulah panduan belajar abjad Korea bagi pemula yang bisa Anda ikuti. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama