2 Cara Belajar Menulis Huruf Korea Yang Wajib Anda Tahu!

Siapa sih yang gak tertarik sama bahasa Korea? Pasti sebagian besar orang ingin bisa menulis dan membaca huruf yang satu ini, termasuk Anda yang ingin kerja di Korea. Menulis huruf Korea terbilang cukup sulit bagi pemula seperti Anda. Lalu bagaimana cara belajar menulis huruf korea dengan mudah?

Cara Belajar Menulis Huruf Korea

Huruf Korea atau dikenal sebagai huruf hangeul terdiri atas huruf vokal dan konsonan dasar, serta vokal dan konsonan rangkap. Penulisan huruf hangeul per suku kata atau beberapa gabungan suku kata. Kemampuan bahasa asing ini bisa Anda gunakan sebagai ajang belajar bahasa Korea untuk kerja.

Nah pastikan sebelum Anda mengenal penyusunan alfabet menjadi bentuk kata, Anda paham konsep berderet ke samping, ke kiri, dan ke kanan. Kemudian, Anda bisa menghafal huruf Korea abjad a sampai z lebih dulu untuk memudahkan dalam penulisannya. 

Berikut cara belajar huruf Korea berdasarkan suku kata:

1. Huruf vokal dengan huruf vokal

Pada penulisan huruf Korea, huruf  masih berfungsi karena huruf Korea vokal berdiri sendiri dan tidak bisa dihilangkan. Hal ini berbeda jika huruf vokal digabungkan dengan huruf konsonan, sehingga hurufperlu dihilangkan.

Misalnya penulisan kosa kata “uyu” yang berarti susu 우유

2. Huruf vokal bertemu huruf konsonan

Tahukah Anda? Pada bahasa Korea, ada empat dasar penggabungan vokal dan konsonan yang perlu Anda pahami. Berikut cara belajar menulis huruf Korea dan pembahasan terkait penggabungan vokal dan konsonan.

  • Konsonan bergabung dengan vokal vertikal

Jika Anda hendak menulis huruf hangeul pada penggabungan huruf konsonan dengan vokal vertikal, Anda perlu menulis huruf tersebut dengan pola bersusun ke samping.

Misalnya Anda hendak menulis kata “tarimi” yang berarti “setrika”, maka penulisan yang benar ialah 다리미.

  • Konsonan bergabung dengan vokal horizontal

Anda perlu menerapkan penulisan berpola susun ke bawah jika menemukan huruf konsonan yang diikuti oleh vokal horizontal. Misalnya kata “anggur” atau “phodo”, penulisannya menggunakan 포도

  • Konsonan bergabung dengan vokal vertikal dan ada konsonan akhir

Anda perlu tau bahwa konsonan akhir itu sering disebut juga sebagai bachim pada bahasa Korea. Adapun penulisannya kata “sinbal” menggunakan 신발 yang berarti “sepatu”.

  • Konsonan digabung dengan vokal horizontal

Anda perlu menulis huruf Korea ini dengan pola bersusun tindih, misalnya untuk penulisan kosa kata “kongjang” yaitu공장 yang berarti “pabrik”.

Itulah dua cara belajar menulis huruf korea yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui sedikit terkait tata cara penulisan huruf hangeol diatas, tentu Anda akan bisa mengembangkan kemampuan dan ketrampilan yang dimiliki dan bermanfaat untuk karir Anda kedepan. Jangan ragu untuk belajar hal-hal baru, terutama bahasa asing yang cukup menantang.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama