Cara Belajar Bahasa Korea Untuk Kerja Yang Perlu Anda Ketahui

Belajar Bahasa Korea untuk kerja memang bisa Anda lakukan sendiri, asal tekun dan memiliki sumber belajar yang bagus. Salah satu syarat yang perlu Anda penuhi untuk bisa bekerja di Korea Selatan adalah harus sudah lulus ujian program EPS-TOPIK, ujian ini akan memberikan penilaian terkait kemampuan berbahasa Korea tingkat dasar Anda.

Belajar Bahasa Korea Untuk Kerja

Perusahaan-perusahaan di Korea memang menjadikan nilai kelulusan ujian EPS-TOPIK sebagai syarat diterimanya pekerja asing, hal ini dikarenakan orang yang sudah lulus EPS-TOPIK berarti sudah memiliki kemampuan komunikasi menggunakan bahasa Korea, setidaknya dalam tingkat dasar. Jika Anda berniat untuk lulus ujian ini, paling tidak Anda harus sudah belajar materi Bahasa Korea lengkap selama 150-200 jam.

Cara Belajar Bahasa Korea Dasar

Bagi beberapa orang, belajar bahasa asing sangatlah susah, apalagi Bahasa Korea yang secara aksara dan pelafalannya saja sudah berbeda denga Bahasa Indonesia, belum lagi dengan tata bahasanya dan juga penggunaan kata yang tepat untuk percakapan formal dan informal. Namun, jika Anda memang benar-benar ingin belajar, bukan tidak mungkin Anda bisa menguasai Bahasa Korea dengan baik, keahlian ini tentunya akan sangat berguna untuk mengembangkan diri dan membuat Anda bisa bersaing di dunia kerja.

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah belajar bahasa Korea tingkat dasar terlebih dahulu, untuk memudahkan Anda, inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai belajar Bahasa Korea dengan mudah,

1. Belajar Hangeul

Langkah awal belajar bahasa asing memang dimulai dari mempelajari huruf atau alfabet yang digunakan, jika Anda sudah menguasai huruf-hurufnya, maka Anda juga akan dengan mudah untuk membaca dan juga menuliskannya. Belajar bahasa Korea berarti Anda harus mempelajari huruf Hangeul, pelajari dengan baik alfabet dan juga pelafalannya, terlebih pelafalan huruf hangeul bisa dibilang cukup sulit.

2. Perbanyak kosakata

Setelah mengenal huruf-hurufnya, Anda juga perlu memperbanyak kosakata  yang Anda miliki, bisa dimulai dengan angka, hari, frasa percakapan sederhana, dan kosa kata lainnya terutama yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Ada banyak yang bisa Anda lakukan untuk memperbanyak kosakata saat belajar bahasa Korea untuk kerja, bisa dengan menonton drama, variety show atau acara televisi Korea, biasanya pada acara-acara tersebut ada beberapa kata yang akan sering Anda dengar, coba tulis kosakata tersebut dan perbanyak jumlah kosakatanya setiap hari.

3. Latihan membaca dengan benar

Wajar saja jika Anda belum lancar membaca tulisan dalam huruf hangeul, apalagi huruf hangeul memang hal yang baru bagi orang-orang di Indonesia, tapi Anda tetap harus bisa mempelajarinya dengan tekun, salah satunya dengan terus berlatih untuk membaca tulisan yang menggunakan huruf hangeul pada lirik lagu, buku, website, atau lainnya.

4. Belajar membuat kalimat

Mempelajari huruf dan kosakatanya saja tidaklah cukup, Anda juga perlu belajar untuk membuat kalimat. Salah satu hal yang menyulitkan dalam tahap ini adalah susunan kalimat yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan bahasa Indonesia dan juga bahasa Inggris.

Belajar Bahasa Korea dan Hangeul

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Anda perlu mempelajari dulu hal dasar saat belajar Bahasa Korea, dimulai dari mempelajari huruf Korea yaitu Hangeul. Anda perlu mengenal huruf-hurufnya, pelafalannya, dan juga belajar menuliskannya dengan benar.

Sama halnya  dengan alfabet yang sudah Anda kenal dalam Bahasa Indonesia, huruf hangeul juga ternyata terdiri dari huruf konsonan dan huruf vokal dengan jumlah yang lebih banyak dari alfabet pada umumnya. Jika alfabet memiliki 26 huruf yang terdiri dari 21 huruf konsonan dan 5 huruf vokal, untuk huruf hangeul jumlahnya ada 40.

Dari total 40 huruf tersebut, jika dirinci lebih lanjut terdiri dari 19 huruf konsonan dan 21 huruf vokal (vowel). Huruf konsonan pun terbagi menjadi 14 huruf konsonan dasar dan 5 huruf konsonan ganda. Sedangkan untuk huruf vokal terbagi menjadi 10 huruf vokal dasar serta 11 huruf vokal lanjutan. Bagaimana? Apakah Anda sudah siap untuk belajar bahasa hangeul Korea yang memiliki jumlah yang cukup banyak ini?

Belajar Membaca dan Menulis Huruf Hangeul Korea

Tidak hanya mengenal hurufnya saja, Anda juga perlu bisa membaca dan menuliskan huruf hangeul, walaupun belum dalam bentuk kalimat secara utuh, setidaknya coba untuk menuliskan kosakatanya. Jika Anda sudah mahir membaca dan menulis dalam huruf hangeul, maka mempelajari bahasa Korea akan terasa lebih mudah. 

Penulisan huruf hangeul juga tidak sama dengan cara penulisan alfabet pada umumnya, terdapat beberapa aturan penulisan yang perlu Anda pelajari lebih lanjut terkait penggunaan konsonan di akhir kata, penulisan kosakata asing ke dalam huruf hangeul, penggunaan konsonan khusus dan hal lainnya. Dengan mengetahui cara belajar menulishuruf hangeul ini, proses belajar Anda akan jadi lebih mudah.

Belajar Bahasa Korea Kosakata Sehari-hari

Sembari Anda mengenal huruf hangeul yang cukup banyak itu, selanjutnya Anda perlu mempelajari juga kosakata yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini akan memudahkan Anda saat berinteraksi dengan orang lain, terutama native Korea, baik di restoran, cafe, terminal bus, taksi atau bahkan di tempat Anda bekerja.

Agar Anda semakin lancar saat mempelajari bahasa Korea, berikut ini cara mudah menghafal kosakataBahasa Korea yang bisa Anda terapkan,

1. Tambah terus koleksi kosakata

Meskipun Anda belum tahu tata bahasa yang benar, penting untuk menambah terus pengetahuan terkait kosakata sehari-hari, karena dengan kalimat yang tidak utuh pun, hanya dengan kosakata, setidaknya Anda sudah bisa berkomunkasi dengan orang lain menggunakan bahasa Korea. Tidak perlu terlalu banyak menambah kata, hanya 5 kata dalam satu hari juga tidak apa-apa, asal Anda benar-benar menghafalnya.

2.Ucap, tulis dan gambar kosakata tersebut

Setelah Anda mendapatkan 5 kata per hari tersebut, akan lebih baik jika Anda mengucap kata tersebut terus menerus hingga pelafalannya benar,  jangan lupa untuk menuliskannya dan tambahkan gambar jika perlu. Cara ini juga cukup efektif untuk belajar menulis hangeul Korea.

3. Gunakan kosakata yang Anda temui

Tentunya kosakata yang Anda pelajari setiap hari itu bukan hanya dihafalkan atau ditulis saja, Anda juga bisa menyelipkannya dalam percakapan sehari-hari, tidak hanya secara lisan saja, Anda juga bisa mempraktekannya saat menulis komentar di forum, sosial media atau lainnya.

4. Tempel kosakata baru

Meskipun Anda sudah menghafal dan menuliskannya, tidak ada salahnya untuk menempelkan kosakata tersebut di tempat-tempat yang mudah Anda lihat atau pada bendanya langsung, seperti laptop, buku, kursi dan lainnya.

Belajar Dialog Bahasa Korea

Setelah Anda paham dengan cara membaca dan menulis huruf hangeul, ditambah dengan berbagai kosakata yang sudah Anda hafalkan, maka Anda akan dengan mudah untuk membuat dialog atau percakapan dalam bahasa Korea. Tidak perlu membuat dialog yang rumit, cukup buat yang sederhana dan paling umum digunakan untuk berkomunikasi.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda pahami saat akan belajar bahasa Korea dari dasar. Namun perlu diingat bahwa belajar bahasa Korea untuk kerja tentu akan berbeda dengan bahasa yang digunakan dalam keseharian, karena biasanya dalam bekerja akan digunakan bahasa yang lebih formal. Meskipun sulit, yang terpenting Anda terus mempelajarinya dan tidak menyerah. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama