Cara Mudah Menghafal Kosakata Bahasa Korea

Kosakata merupakan hal penting yang perlu Anda pelajari dalam sebuah bahasa. Bagi Anda yang pemula, mungkin menghafal kosakata bahasa Korea cukup susah-gampang. Pada dasarnya, teknik atau cara menghafal kosakata setiap orang itu berbeda-beda. Anda bisa menentukan metode yang lebih tepat dan sesuai, sehingga hafalan menjadi lebih mudah dan nyaman. 

Cara Mudah Menghafal Kosakata Bahasa Korea

Jika Anda masih bingung cara mudah menghafal kosakata bahasa Korea apa saja yang bisa dilakukan untuk belajar bahasa korea untuk kerja, berikut simak di bawah ini.

Membuat List Kosakata Sesuai Tema

Menghafal kosakata dengan membuat list sesuai tema atau topiknya, tentu ini akan mempermudah Anda. Cara ini bisa menjadi efektif untuk mudah mengingat kosakata yang baru dipelajari, karena berkesinambungan. Anda pun bisa menentukan target kosakata yang ingin dihafal setiap minggu. Misal, minggu ini Anda membuat list sepuluh kosa kata dengan tema cuaca. 

Menghafal Kosakata Sedikit Demi Sedikit

Jika Anda merasa sudah bisa menghafal beberapa kosakata dengan beberapa tema, lanjutkan dengan menambahkan kosakata baru sedikit demi sedikit. Hindari untuk menghafal kosakata dalam jumlah banyak sekaligus, karena cara ini mungkin tidak efektif dan membuat Anda bingung untuk menghafal semuanya dalam satu waktu. 

Mempraktikan KosaKata dalam Sehari-hari

Cara mudah menghafal kosakata bahasa Korea akan semakin efektif, jika Anda juga mempraktikkan kosakata tersebut di dalam keseharian. Hal ini bertujuan agar Anda terbiasa dan bisa menghafalnya di luar kepala. Anda bisa mempraktikkan kosakata yang telah dihafal pada situasi-situasi tertentu. Misal, saat makan. 

Anda bisa menyebutkan beragam kosakata yang berkaitan dengan makan, seperti minuman, makanan, alat makan, dan lain sebagainya. Jika Anda rutin melakukan ini setiap harinya, seiring waktu pun akan terbiasa akan kosakata yang menyangkut aktivitas tersebut. 

Mempelajari Kosakata dalam Kalimat

Menghafal kosakata satu per satu mungkin rasanya masih kurang. Pasalnya, pada bahasa Korea  kosakata sering kali berubah atau disesuaikan dengan konteks dan situasi. Supaya Anda bisa lebih paham dengan kosa kata yang dipelajari, maka penting mengetahui bagaimana kosa kata tersebut diaplikasikan dalam sebuah kalimat. 

Anda bisa mencari contoh kalimat bahasa Korea di kamus online, seperti Naver atau krdict.korean.go.kr/ind/ (untuk versi Bahasa Indonesia).

Menempel Tulisan KosaKata 

Cara terakhir yang mungkin bisa Anda lakukan agar hafalan lebih efektif ialah menempel tulisan kosakata yang ingin dihafal di tempat-tempat yang mudah terlihat. Anda bisa menggunakan sticky note, kemudian tulis lima hingga sepuluh kosakata dan ditempel di titik tertentu, seperti meja belajar, pintu kamar, dinding sebelah tempat tidur, dan lain sebagainya. 

Tulisan-tulisan tersebut yang dilihat secara teratur, akan membantu otak untuk semakin mengenal objek tersebut. Dengan begitu, cara mudah menghafal kosakata bahasa Korea ini membuat Anda cepat terbiasa dengan kosakata tersebut.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama