Tahapan Kerja ke Korea dari awal sampai akhir

Halo teman-teman apakah kalian bermaksud ingin kerja ke Korea namun tidak tau caranya? mulai dari mana dan bagaimana proses kerja ke Korea? pada postingan ini saya akan berbagi tahapan kerja ke Korea dari awal sampai akhir.

kerja ke korea

untuk kerja ke Korea kita harus mengikuti program G To G (Goverment to Goverment) ini program resmi dari pemerintah Indonesia jadi semua proses dilakukan secara resmi alias legal. lalu bagaimana cara mengikuti program G To G Korea? karena negara yang akan dituju adalah Korea tentunya kita harus bisa bahasa korea, mulai dari belajar huruf Korea, cara menulis huruf Korea, aturan baca batchim, hingga tata bahasa Korea harus kita kuasai intinya kita harus bisa bahasa Korea.

mempelajari bahasa Korea perlu proses yang lama dong kalau gitu jika harus menguasai bahasa Korea? jawabannya IYA, bahasa adalah skill jadi harus terus dilatih untuk menguasainya NAMUN yang kita pelajari bahasa Korea disini khusus untuk persiapan test bahasa Korea untuk kerja ke Korea biasa disebut Test EPS-TOPIK Korea.

g to g korea

Jadi teman-teman belajar bahasa Korea fokus ke persiapan Test EPS-TOPIK. lalu bagaimana cara belajarnya apakah harus ke LPK? jawabannya itu tergantung pribadi masing-masing, mau belajar di LPK atau belajar Mandiri.

Perlu digaris bawahi LPK hanya sebagai media tempat kita belajar tidak menjamin peserta didiknya pasti langsung dapat kerja ke korea, karena yang menentuka itu HRD Korea langsung dengan melalui prosedur yang telah ditentukan. untuk persyaratannya kerja ke Korea sebagai berikut.

Persyaratan kerja ke korea :
  1. Berusia 18-39 tahun
  2. Sehat Jasmani Rohani
  3. Tidak sedang bermasalah hukum
  4. Belum pernah tinggal secara Ilegal maupun kena Deportasi dari Korea Selatan.
Untuk tatacara mendaftarnya adalah sebagai Berikut:
  1. Calon PMI Korea Selatan mempersiapkan diri belajar bahasa Korea bisa di LPK ataupun lembaga belajar bahasa Korea lainya, namun bisa juga belajar sendiri maupun privat.
  2. Menunggu pengumuman jadwal pendaftaran Test Bahasa Korea dari BP2MI ataupun dari EPS KOREA (Entry Permit System)
  3. Mengikuti Ujian EPS TOPIK
  4. Apabila lolos menerima sertifikat EPS TOPIK dari HRD KOREA serta blanko formulir lamaran Sending Data dari BP2MI
  5. Melengkapi berkas Lamaran Sending Data lalu kirim ke BP2MI
  6. Menunggu verifikasi dari HRD KOREA apabila lolos lalu akan di tawarkan kepada perusahaan yang membutuhkan PMI.
  7. Apabila sudah ada perusahaan yang menerima maka akan diberikan kontrak kerja atau SLC (STANDART LABOUR CONTRACT)
  8. Menunggu jadwal Preliminary dan PAP Juga menandatangani Kontrak Kerja
  9. Menunggu Visa dan Jadwal Terbang
  10. PMI Korea berangkat dan masuk ke negara Korea Selatan diterima pihak Nodongbu/Depnaker Korea diberikan pembekalan tatacara hidup di Korea juga tatacara Kerja serta Keselamatan Kerja. PMI di jemput pihak perusahaan dan mulai bekerja di Korea Selatan.
Setelah mengetahui persyaratan dan tatacara daftar kerja ke Korea pilih belajar di LPK atau Mandiri itu tergantung teman-teman mau belajar di LPK atau mandiri, jika belajar di LPK tentunya kita dapet bimbingan dan juga informasi mengenai pendaftaran kerja ke Korea dari LPK tempat kita belajar sedangkan jika belajar mandiri kita harus cari informasi sendiri mengenai kapan pendaftaran Test EPS-TOPIK diadakan. 

proses kerja ke korea

Informasi mengenai jadwal pendaftaran bisa cek di website eps.hrdkorea.or.kr dan untuk mendaftarkan mengikuti ujian EPS-TOPIK bisa cek di g2g.bp2mi.go.id.

Sebelum mengikuti ujian EPS-TOPIK poin terpenting kita menguasai bahasa Korea buat persiapan Test EPS-TOPIK seperti yang telah dijelaskan diatas jika ingin belajar mandiri bisa pelajari materi dari awal di blog ini, perbanyak hafalan kosakata dan juga latihan soal-soal EPS-TOPIK karna soal-soal yang diujikan tidak jauh berbeda.

Mengenai biaya berapa biaya kerja ke Korea? berikut kami kutip dari fanspage bp2mi sebagai berikut.

kerja korea

mungkin itu saja penjelasan mengenai tahapan kerja ke Korea dari awal sampai akhir, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar.



Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama