Tips Belajar Bahasa Korea Cepat dan Mudah Beserta Frasanya

Radi blog, Belajar bahasa asing tentu bukanlah hal yang mudah dan tentu banyak dari kita yang bingung bagaimana harus memulainya? Apa yang harus dipelajari? Bagaimana mempelajarinya? Apa yang harus di tulis? Apa yang harus di dengar? Dan lain-lainnya.


tips belajar bahasa korea


untuk bisa memulai percakapan dihari pertama belajar bahasa asing dan khususnya untuk artikel kali ini adalah bahasa Korea mungkin ada beberapa tips belajar bahasa korea cepat dan mudah dan set frasa bahasa Korea yang bisa chingudeul pelajari agar saat bertemu dengan orang Korea chingudeul sudah mulai bisa berbicara dengan baik. 


Tips Belajar Bahasa Korea cepat dan mudah

  1. Niat dan tekat yang tinggi untuk belajar bahasa korea, dengan niat segala sesuatu yang terlihat sulit akan menjadi mudah dengan tekat yang kuat.
  2. Kenali huruf korea atau hangul dan cara mengucapkan serta menulis huruf tersebut, jika kalian belum mempunyai huruf hangul cari di sini Belajar Huruf Hangul Lengkap
  3. Kosakata, usahakan belajar kosakata atau menghafalkan kosakata setelah kita lancar membaca huruf hangul karena akan lebih sulit jika kita masih terbatah-batah dalam membaca Kosakata Bahasa Korea Sehari-hari
  4. Belajar listening atau mendengarkan dan belajar mengucapkan, dengan banyak mendengarkan orang korea berdialog maka kita akan terbiasa dengan vokal orang korea serta jangan ragu untuk mengucapkan kosakata.
  5. Sesering mungkin membaca buku, atau kamus korea untuk melancarkan membaca serta menambah kosakata, dan jangan pernah menyerah untuk berusaha 


beberapa set frase berikut ini tidaklah terpaku untuk bahasa Korea saja, chingudeul bisa dengan mudah menerjemahkan kembali beberapa frase berikut kedalam bahasa lain. Tetapi, untuk kali ini mari kita sama-sama belajar beberapa frase yang bisa membantu kita untuk mulai berbicara dalam bahasa Korea. Let’s get started! 


Frasa Bahasa Korea

  • 안녕하세요 – Annyeong Haseyo – Hi! Halo! (Formal)

Ini adalah bentuk salam paling di pahami oleh banyak orang dari seluruh dunia. Kita pun saat berbicara dengan orang Korea tentu akan sangat baik dengan mengucapkan frase ini. Ini bisa digunakan kapanpun kita bertemua dengan orang Korea. 


  • 안녕 – Annyeong – Hi, Selamat tinggal (Tidak Formal/Kasual)

Bentuk ini sebetulnya memiliki 2 arti, yang pertama adalah hi untuk pertemuan dan untuk meninggalkan atau berpisah. Perlu diingat ini adalah bentuk tidak sopan. Jadi gunakan untuk ke teman, atau orang yang lebih kecil. 


  • 안녕히 가세요 – Annyeonghi Gaseyo – Selamat tinggal (Formal)

Ini digunakan HANYA jika orang yang kita ajak bicara akan PERGI meninggalkan dan bukan TINGGAL ditempat. 


  • 안녕히 계세요 – Annyeonghi Gyeseyo – Selamat tinggal (Formal)

Ini digunakan HANYA jika orang kita ajak bicara akan TINGGAL di tempat dan kita yang akan pergi meninggalkan. 


  • 잘 지냈어요? – Jal Jinasseoyo? Apa kabar?

Ini digunakan untuk bertanya kabar dari orang yang kita ajak bicara. Untuk mengubahnya menjadi bentuk kasual cukup buang Yo di suku kata terakhir. Kemudian, kita bisa membalas dengan mengucapkan hal yang sama untuk mengkonfirmasi keadaan kita. 


  • 고마워요 – Gomawoyo – Terima kasih 


Sederhananya ini bisa digunakan didalam banyak hal, untuk mengkonfirmasi atau hanya untuk mengungapkan kesetujuan kita terhadap suatu hal. 


  • 아니요/ 아니에요 – Aniyo / Anieyo – Tidak

Kebalikan dari yang diatas, ini adalah ekspresi paling sederhana untuk menunjukan bahwa kita tidak setuju dengan pernyataan yang dibuat oleh lawab bicara kita. 


  • 먹을래요? – Meogeullaeyo? Mau makan?

Ini adalah bentuk ajakan formal kasual yang dilakukan banyak orang Korea, cenderungnya untuk anak-anak muda. Untuk menurunkan tingkat formalitasnya, kita cukup membuang Yo di belakang. 


  • 가자 ! – Ga Ja ! Ayo pergi!

Ini adalah bentuk kasual tidak formal untuk mengajak orang lain untuk pergi. Biasanya digunakan untuk teman seumuran atau lebih kecil. 


  • 먹자 ! – Meok Ja ! Ayo makan!

Sama seperti frase diatas, tetapi yang ini digunakan untuk mengajak orang lain makan. 


  • 드세요 – Deuseyo – Silahkan makan

Ini adalah bentuk sopan untuk mempersilahkan orang lain untuk makan. Gunakan bentuk ini untuk memperlihatkan bahwa kamu memiliki pengetahuan akan bahasa dan budaya Korea. 


Ini adalah bentuk masa lampau dan sopan, jadi bahasa Korea memang memiliki bentuk masa lampau. Jadi, kita perlu mengubahnya ke bentuk masa lampau untuk mengekspresikan apakah kita sudah melakukan suatu hal atau belum. 


  • 뭐해요? – Mweohaeyo? – Lagi apa?

Biasanya untuk menanyakan teman apa yang sedang mereka lakukan, untuk mengubahnya ke bentuk kasual, kita hanya cukup membuang yo di belakangnya. 


  • 가는중 이에요 – Ga neun jung ieyo – Sedang dalam perjalanan (OTW)

Kalau kita memiliki janji dengan teman Korea dan mungkin sudah terlambat dan orang Korea akan bertanya kita sudah dimana, kita bisa membalasnya dengan menjawab bahwa kita sedang dalam perjalanan, dengan menjawab seperti itu. 


  • 가도 돼요? – Ga do Dwaeyo? – Apakah boleh datang? Lit. apakah boleh pergi kesana?

Saat kita ingin pergi mendatangi teman Korea kita, berbeda dengan bahasa Indonesia, mereka akan menggunakan kata kerja “pergi” dan bukan “datang”. Jadi, kalau dalam bahasa Indonesia kita menggunakan “apakah saya boleh datang” kalau orang Korea “kalau pergi kesana bolehkah?”. Jadi, berhati-hatilah dalam menggunakan kata-katanya. 


  • 배 고파요 – Bae gophayo – Lapar

Untuk mengekspresikan bahwa kamu lapar, kamu cukup menggunakan kata ini agar orang tahu bahwa kamu lapar. Jadi, tidak sulit kan untuk menunjukan bahwa kamu lapar. 


  • 몇시에 만날수 있을까요 ? – Myeot si e mannalsu isselkkayo? Jam berapa bisa bertemu?

Ini bentuk adalah bentuk formal kasual, biasanya digunakan untuk teman yang lebih tua. Tetapi untuk orang yang secara jabatan jauh diatas kita tentu akan lebih baik menggunakan bentuk yang lain. 


  • 저는 인도네시아 사람 이에요 – Jeo neun Indonesia saram ieyo – Saya orang Indonesia
Cukup sampai disini sharing tentang tips belajar bahasa korea cepat dan mudah serta beberapa frasa bahasa korea yang bisa kita pelajari. 안녕~~

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama