10 Daftar Fasilitas Co-working Space yang Wajib Ada

Co-working space merupakan salah satu alternatif tempat yang biasanya digunakan oleh para perusahaan start-up untuk mendapatkan ruang kantor dengan harga yang murah. Namun, harga yang murah tersebut bukan berarti tanpa kualitas. Berbagai start-up tersebut juga pastinya lebih melirik dan tertarik dengan co-working space yang nyaman dan menarik sehingga dapat membuat para karyawannya betah dan juga produktif. Nah, agar ruang kantor anda dilirik oleh para pebisnis tersebut, berikut adalah 10 fasilitas co-working space yang wajib ada agar menjadi daya tarik.

 


10 Daftar Fasilitas Co-working Space

1.  Kursi dan meja

Sama seperti kantor atau ruang kerja pada umumnya, keberadaan kursi dan meja itu sangat penting. Keberadaan kursi dan meja ini menunjang produktivitas dalam suatu pekerjaan. Kursi dan meja harus ada dalam suatu ruangan karena pastinya klien tidak bisa bekerja dengan posisi berdiri.

 

Untuk beberapa desain, keberadaan kursi bisa saja tidak ada. Ada beberapa ruangan yang didesain secara sengaja agar klien bekerja dengan duduk di lantai atau lesehan. Klien bisa memilih salah satu desain sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan. Selain itu, pastikan juga jumlah kapasitas mencukupi untuk bekerja dengan satu tim.

 

2.   Jaringan internet

Saat ini, kebutuhan internet semakin meningkat. Jaringan internet telah menjadi kebutuhan primer dalam bekerja. Adanya internet membantu pekerjaan selesai lebih cepat dan penting untuk mengembangkan usaha yang sedang dikerjakan. Komunikasi dengan tim lain juga bisa sangat terbantu dengan internet.

 

Oleh karena itu, pastikan coworking space yang dipilih menyediakan fasilitas berupa jaringan internet. Tidak hanya itu, pastikan juga jaringan yang tersedia dapat bekerja dengan lancar dan mudah untuk diakses oleh siapapun yang bekerja di situ.

 

3.   Pendingin ruangan dan ventilasi yang cukup

Bekerja keras dalam waktu yang panjang mengharuskan klien berada di dalam ruangan selama berjam-jam. Mengerjakan pekerjaan yang banyak juga harus dilakukan dalam kondisi yang nyaman. Dari sini, kebutuhan akan pendingin ruangan tidak bisa terelakkan. Bekerja di tempat yang pengap dan panas dapat menghambat klien.

 

Dengan pendingin udara, ruangan akan terasa nyaman digunakan. Tidak hanya itu, untuk menjaga sirkulasi udara tetap terjaga, perlu ada ventilasi udara yang cukup dalam ruangan tersebut. Adanya 2 fasilitas ini membuat ruangan terasa lebih sejuk dan bersih sehingga kenyamanan klien saat bekerja dapat terjamin.

 

4.   Layanan fotokopi dan percetakan

Mencetak dan menggandakan suatu dokumen adalah hal yang biasa terjadi dalam sebuah perusahaan. Tidak semua perusahaan menyediakan mesin fotokopi sendiri atau printer terutama bagi yang menyewa di coworking space.

 

Layanan fotokopi dan percetakan yang disediakan oleh jasa persewaan ruangan tentunya akan sangat membantu. Klien tidak perlu keluar gedung dan mencari ke tempat jauh sambil membawa dokumen yang berat untuk mencari tempat fotokopi. Layanan fotokopi dan percetakan ini juga akan membuat pekerjaan klien lebih efektif dan efisien.

 

5.   Toilet bersih

Fasilitas toilet merupakan keharusan. Tidak hanya sekadar ada, toilet tersebut juga harus bersih, layak, dan berfungsi. Suatu survei menunjukkan bahwa kebersihan gedung secara keseluruhan bisa dilihat dari kebersihan toiletnya. Toilet yang ada juga harus dapat berfungsi dengan baik. Pastikan klien memeriksa toilet yang disediakan sebelum menyewa.

 

6. Cafetaria

Jika di saat makan siang karyawan kantor biasa makan di kantin, di Coworking Space para anggotanya makan di Cafetaria. Tidak perlu keluar area Coworking Space untuk mencari makan, karena biasanya pihak Coworking Space sudah bekerja sama dengan cafe atau restoran setempat. Jadi Anda bisa dengan mudah makan enak setelah bekerja karena gerai-gerai mereka dibuka di Cafetaria ini.

 

7. Pantry

Coworking space menyediakan juga pantry layaknya perkantoran pada umumnya apabila anggota ingin menyeduh kopi atau teh. Bahkan, beberapa Coworking Space juga sudah menyediakan coffee maker atau mesin pembuat kopi sendiri. Hal ini tentu sangat mengakomodasi anggota yang selalu ditemani kopi ketika bekerja.

 

8. Layanan Resepsionis

Selayaknya kantor konvesional layanan resepsionis sangat berguna ketika perusahaan menerima klien. Selain itu, layanan ini juga bisa menerima paket-paket yang datang ke kantor virtual Anda atau kandidat yang datang untung wawancara kerja.

 

9. Ruang Acara

Untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan berskala besar seperti talkshow, seminar dan workshop, Coworking Space yang sudah berpengalaman menyediakan ruang acara. Tidak hanya pengusaha atau start-up saja yang bisa menggunakan ruangan ini, tetapi juga orang pribadi yang ingin mengadakan acara besar.

 

10. Ruang Komunal

Bekerja terlalu lama di depan laptop pasti akan membuat jenuh. Anggota yang butuh refreshing dari pekerjaan dapat memanfaatkan ruang komunal untuk memulihkan kembali kinerjanya. Di sana, mereka dapat bertemu koleg lain dan interaksi pun terjadi. Jika ingin beristirahat, ruang komunal juga menyediakan sofa-sofa nyaman dan ayunan empuk yang bisa dimanfaatkan.

 

Nah, itulah 10 Daftar Fasilitas Co-working Space yang wajid ada. Memiliki fasilitas yang memadai tentunya akan menjadi daya tarik sendiri karena tanpa adanya fasilitas yang memadai tentu klien yang menyewa akan kecewa serta kerepotan.

 

*dikutip dari berbagai sumber

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama