Bagaimana Cara Pemula Belajar Bahasa Korea Yang Efektif?

Jika Anda bertanya bagaimana cara pemula belajar bahasa Korea agar hasil yang didapatkan optimal, Anda bisa mengawali proses pembelajaran dengan metode berikut.

Cara Pemula Belajar Bahasa Korea

1. Mencatat semua alfabet dan angka Korea

Cara belajar bahasa Korea yang paling standar adalah memahami lebih dulu huruf vokal, huruf konsonan, dan angka dalam bahasa Korea. Anda perlu memahami bahasa Hangul sebagai bahasa standar yang terdiri dari 40 huruf lengkap dengan 16 diftong dan konsonan ganda. Sebagai contoh hana untuk angka 1, dool untuk angka 2, yeohl untuk angka 10.

2. Mulai belajar dari kosakata singkat dan sederhana

Cara pemula belajar bahasa Korea bisa dilakukan dengan cara bertahap, dimana cara berikutnya adalah mencatat perbendaraan kosakata sederhana serta memahami teknik pelafalannya. Sebagai contoh “bap” untuk nasi, “byul” untuk bintang, “anyeong” untuk halo, “gam-sa-hab-nee-da” untuk terimakasih, serta “bian-ham-ni-da” untuk maaf. Untuk meningkatkan kecepatan Anda dalam menghafal kosakata dasar, Anda bisa menempelkan label pada beberapa benda di rumah, mendengarkan lagu Korea dengan lirik yang tidak terlalu cepat, atau memutar drama Korea dengan genre yang disukai.

3. Tingkatkan pembelajaran dengan mengingat frase percakapan standar

Cara cepat menguasai bahasa Korea sebagai seorang pemula bisa ditingkatkan lebih dengan mempelajari frase percakapan standar yang sering didengar di lagu atau drama Korea. Agar tidak mudah lupa, Anda bisa mengulang di beberapa bagian drama yang sedang diikuti, kemudian mencatatnya. Gunakan aplikasi gratis penerjemah bahasa Korea untuk memahami pelafalan frase dengan benar. Berikut adalah beberapa frase percakapan standar yang mendukung cara pemula belajar bahasa Korea dan bisa diterapkan untuk kehidupan sehari-hari.

Halo, bagaimana kabar Anda? – “A-nyeong-ha-se-yo, dang-si-neun otto-shim-nikka?”

Sampai jumpa – “A-nyeong-ii-ga-se-yo”

Selamat malam – “Annyeonghi jumuseyo”

Permisi –“silhaehamnida”

4. Pahami bentuk percakapan yang sopan

Bahasa Korea cukup berbeda dengan bahasa Indonesia, jika bahasa Indonesia umumnya bisa diterapkan di daerah manapun di Indonesia, bahasa Korea memiliki dialek yang berbeda di beberapa kota Korea. Tidak hanya itu, sebagai seorang pemula, Anda perlu memahami bahwa bahasa Korea memiliki bentuk yang cukup berbeda untuk situasi nonformal maupun formal. Misalnya saja untuk percakapan antar sahabat seumuran, percakapan bahasa Korea yang digunakan umumnya non formal. Berbeda untuk percakapan antara orangtua dan anak atau dalam dunia kerja.

5. Jangan lupa pelajari tata bahasa dasar untuk bahasa Korea dan berlatih depan cermin

Jika Anda bisa membeli buku belajar bahasa Korea untuk mendukung cara pemula belajar bahasa Korea yang sedang dilakukan, jangan lupa untuk mempelajari tata bahasa dasar. Struktur bahasa Korea selalu diawali dengan subyek, diikuti obyek, serta diakhiri kata kerja. Dalam sebuah percakapan, terkadang kata kerja juga bisa berfungsi sebagai kata sifat. Saat Anda sudah merasa percaya diri dengan beragam kosakata yang dipelajari, jangan lupa untuk memulai melafalkannya. Jika Anda berlatih sendiri, tak ada salahnya berlatih d idepan cermin, menggunakan aplikasi untuk belajar bahasa Korea yang mengeluarkan suara.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama