Mengenal Huruf Hangul Korea

Eksistensi Korea di dunia memang semakin dipuncaknya, mulai dari music, film, drama bahkan kebudayaannya. Jadi tidak salah bila banyak orang yang mulai belajar mengenai huruf hangul Korea demi menunjang kelancaran berbahasa dan berkomunikasi mengunggunkan bahasa Korea. Oleh karena itu, kami rangkum informasi mengenai alfabet hangul Korea.

Mengenal Huruf Hangul Korea

Konsonan dasar (기본 자음)

Terdapat 14 konsonan dasar Korea yang perlu kamu ketahui yaitu:

(g/k)

(n)

(d)

(r/l)

(m)

(b/p)

(s)

(jh)

(ch)

(kh)

(th)

(ph)

(h)

(-)

Konsonan rangkap (쌍자음)

Selain konsonan dasar, terdapat pula konsonan rangkap yang terdiri dari 5 huruf yaitu:

(kk)

(tt)

(pp)

(ss)

(jj)

Konsonan akhir (받침)

Selain itu, terdapat juga konsonan akhir atau disebut juga huruf mati yaitu huruf yang muncul setelah huruf vocal serta dibaca mati. Terdapat7 konsonan akhir yaitu:

, , (k)

(n)

, , , , , , (t)

(l)

(m)

, (p)

(ng)

Vokal dasar (기본 모음)

Setalah huruf konsonan, tentu saja bahasa Korea memiliki huruf vokal. Huruf vokal terbagi menjadi vocal dasar Korea yang memiliki 10 jenis huruf yaitu:

(a)

(ya)

(eo)

(yeo)

(o)

(yo)

(u)

(yu)

(eu)

(i)

Vokal rangkap (이중 모음)

Selain vokal dasar, bahasa Korea memiliki vokal rangkap atau dalam bahasa Indonesia disebut Diftong, yang terdiri dari 11 jenis huruf yaitu:

(ae)

(yae)

(e)

(ye)

(wa)

(wae)

(oe)

(wo)

(we)

(wi)

(eui)

Blok Suku Kata Hangul

Setelah  mengenal huruf hangul Korea, selanjutnya mempelajari blok suku katanya. Perlu diketahui bahwa alfabet hangul tidak berdiri sendiri, akan tetapi sebagai bagian blok-blok suku kata yang dapat dikelompokkan melalui beberapa cara dan selalu diawali dengan huruf konsonan.

Lalu, pada huruf kedua merupakan huruf konsonan Hangeul. Sederhananya, suku kata dari huruf hangul Korea paling sedikit terdari mulai dari huruf konsonan pada awal lalu diikuti huruf vocal.

Demikianlah cara mudah mengenal huruf hangul Korea. Langkah selanjutnya adalah memahami cara menulis dan membacanya, kamu bisa memulai dengan belajar materi dasar bahasa Korea. Lalu, mulailah merangkai kalimat, menghapal kosakata dan ulang terus kegiatan tersebut sampai mahir bahasa Korea! Selamat belajar dan jangan menyerah!

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama