Cara Mudah Menguasai Materi Dasar Bahasa Korea

Materi Dasar Bahasa Korea - Bahasa Korea adalah bahasa tertinggi ke 13 yang paling banyak dipakai di seluruh dunia untuk saa ini. Berdasarkan data, ada sekitar lebih dari tujuh puluh juta penutur asli baik di Korea Utara, Korea Selatan, maupun Cina, dan beberapa daerah yang ada di negara Jepang, Rusia.

Berkembangnya tren K-Pop dan K-Drama merupakan salah satu kegemaran para pecinta Korea yang membuat orang non-Korea tertarik untuk mempelajari bahasa tersebut.. Bahasa Korea pada dasarnya cukup mudah bila dibandingkan dengan bahasa yang lainnya, seperti bahasa Mandarin maupun bahasa Jepang.

Materi Dasar Bahasa Korea

Hal tersebut karena bahasa Korea tidak mempunyai maupun menggunakan huruf kanji. Bahasa Korea awalnya diciptakan oleh Raja Sejong pada tahun 1443 di masa Dinasti Joseon yang merupakan salah satu bentuk upayanya dalam menyederhanakan alfabet Tionghoa yang masa itu digunakan. Berikut ini adalah cara mudah belajar bahasa Korea yang sering digunakan oleh orang – orang yang tertarik belajar bahasa Korea belajar bahasa Korea.

1. Mempelajari Huruf Hangul

Hangul ini merupakan sebutan untuk alfabet atau huruf-huruf yang ada dalam bahasa Korea.

Walaupun karakter Hangul yang masih sangat asing ini untuk pertama kali akan terlihat menakutkan, tetapi untuk alfabet Korea tidak akan terlalu sulit untuk dipelajari. Hangul sendiri ini terdiri dari 24 huruf, termasuk 14 konsonan dan juga 10 vokal. Bentuk konsonan ini akan tertulis berdasarkan pada bentuk mulut ketika nantinya membuat setiap suara.

Vokal itu sendiri akan terdiri dari garis vertikal dan juga horizontal. Cara terbaik dan tercepat mengenal huruf abjad Korea terlebih dahulu untuk membiasakan diri dengan seluruh huruf tersebut. Jika nantinya sudah menguasai huruf – huruf tersebut, Anda dapat memulai dengan cara cepat membaca hangul mulai dengan mengasosiasikan suara beserta huruf tersebut bersamaan dengan kosakata bahasa Korea.

2. Memperbanyak Kosakata

Setelah Anda menguasai Hangul, cara menguasai materi dasar bahasa Korea selanjutnya adalah dengan memperbanyak kosakata. Mulailah dari hal yang paling dasar-dasar seperti angka, nama hari dalam seminggu, dan juga frasa percakapan dasarnya. Lalu, tambahkan dengan kosakata tergantung dari tujuan Anda mempelajari belajar bahasa Korea tersebut.

Jika Anda hanya ingin belajar bahasa Korea untuk tujuan berwisata, fokus saja dengan kata-kata yang berhubungan dengan arah dan juga transportasi. Bila Anda sangat tertarik dengan makanan Korea, fokus dalam kosakata yang memang berhubungan erat dengan memasak.

3. Berikan Label Pada Benda – Benda

Agar nantinya dapat membantu Anda untuk menghafal kosakata bahasa Korea, cobalah untuk memberikan beberapa label pada benda-benda yang ada di sekitar maupun di rumah. Misalnya, Anda dapat menuliskan 책장 (chaegjang)” pada rak buku, atau 부엌 (bueok)” di pintu dapur.

Ketika Anda melewati barang maupun ruangan yang memiliki label tersebut, hal ini bisa menantang diri sendiri untuk menebak kata yang tepat sebelum nantinya akan melihat catatan yang ditempel. Ini nantinya bisa menjadi cara mudah belajar Korea untuk penghafalan kosakata.

4. Mengikuti Kelas Bahasa Korea Secara Grup

Walaupun belajar tulisan Korea untuk pemula bisa sangat menyenangkan, ini juga dapat membuat Anda cepat merasa bosan.Oleh sebab itu, cobalah untuk mengikuti kelas bahasa Korea secara kelompok. Bisa dengan menggunakan cara offline maupun online, misalnya di WhatsApp maupun Telegram.

Kelas materi bahasa Korea pemula secara kelompok ini akan lebih dinamis dibandingkan dengan pembelajaran mandiri, dengan umpan balik instan yang di dapatkan dari instruktur dan interaksi siswa lainnya. Hal ini merupakan cara agar cepat bisa berbahasa Korea yang baik dan melatih keterampilan percakapan, sambil belajar tentang berbagai topik-topik penting seperti tata bahasa dan juga pengucapan.

5. Menonton Drama Korea dan Mendengarkan Musik K – Pop

Menonton drama, film, dan juga acara – acara TV Korea ini juga bisa menjadi cara belajar bahasa Korea dan mengenal huruf hangul Korea yang menyenangkan dan juga efektif.

Inilah yang nantinya dapat membantu Anda menambahkan kosakata bahasa Korea yang mungkin masih belum dipelajari.

Semakin banyak media Korea yang nantinya dapat Anda ambil, maka akan semakin baik. Setelah beberapa saat, Anda mungkin bisa terkejut dengan kemampuan otak untuk menghubungkan frasa dan juga kosa kata beserta artinya.

6. Rajin Berlatih Belajar Bahasa Korea

Mendengarkan bahasa Korea di TV maupun radio nantinya bisa membantu Anda dalam melatih telinga. Namun, jangan pernah lupa terkait dengan pentingnya membaca materi hangul Korea. Ambillah buku, majalah, dan juga surat kabar yang memiliki tulisan dalam bahasa Korea.

Lalu lihatlah seberapa jauh yang nantinya sudah Anda capai. Mulailah dengan cerita yang sudah diketahui dan lanjutkan ke dalam peristiwa terkini beserta konten yang lebih menantang. Lingkari frasa maupun kata Korea yang memang tidak diketahui dan pakailah kamus untuk mencarinya dan pastikan untuk selalu mencatatnya dalam materi hangul Korea.

7. Mulailah Untuk Menulis dalam Jurnal

Jika Anda masih merasa kebingungan dan membutuhkan cara belajar bahasa Korea dengan cepat, Anda harus mulai berpikir ke dalam bahasa Korea. Setelah bisa menguasai alfabet Korea, cobalah untuk mulai menuliskan ke dalam jurnal harian dalam bahasa Korea. Ini bukan hanya merupakan sebuah cara menguasai materi dasar bahasa Korea yang baik untuk melatih kosakata, tetapi juga cara yang bagus untuk menulis terkait dengan masa lalu, sekarang, dan juga masa depan.

Jika Anda masih berada di tingkatan pemula, mulailah dengan mencatat apa yang Anda lakukan hari itu. Pada saat Anda melakukan latihan ini, siapkan kamus bahasa Korea sehingga Anda nantinya dapat mencari kata-kata yang masih belum dikenal.

8. Instal Aplikasi Untuk Belajar Bahasa Korea

Pada era digital seperti saat ini, Anda mungkin akan menghabiskan sebagian besar waktu dengan ponsel, bukan ? Jadi, cobalah untuk manfaatkan hal tersebut untuk membantu dalam belajar bahasa Korea.

Kabar baiknya, saat ini ada banyak sekali aplikasi pembelajaran untuk bahasa Korea yang bisa dengan mudah membantu Anda belajar bahasa Korea menjadi menyenangkan. Anda akan menemukan beberapa aplikasi yang nantinya lebih berfokus pada kosa kata, sementara yang lain dapat membantu dengan tata bahasa.

Unduhlah beberapa aplikasi sampai nantinya Anda bisa menemukan yang paling disukai. Pastikan untuk menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut pada setiap hari. Karena akan ada di ponsel, Anda pastinya dapat membukanya kapan saja. Bisa ketika Anda dalam perjalanan ke tempat kerja maupun saat mengantre di toko bahan makanan. Walaupun hanya sebentar dan sedikit-sedikit, ini cukup bisa membantu Anda.

Itulah beberapa cara belajar bahasa Korea dengan cepat dan juga menyenangkan. Jangan mudah menyerah bila nantinya Anda membuat kesalahan pada sepanjang prosesnya. Jangan takut melatih dengan banyak berbicara bahasa Korea. Belajar bahasa Korea akan membutuhkan waktu dan juga usaha.

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama