Tips Belajar Hangeul Alfabet Korea Agar Cepat Bisa Bagi Para Pemula

Sebagai pemula, Anda mungkin akan menemukan kesulitan belajar hangeul alfabet Korea. Karena Bahasa Korea ini benar-benar menggunakan alfabet baru yang tidak familiar penggunaannya di kehidupan Anda sehari-hari sebagai pemula.

Belajar Hangeul Alfabet Korea

Walaupun, Anda sudah memahami apa yang menjadi dasar belajar huruf dan angka Korea. Mempelajari konsonan, huruf yang diperlukan dan cara untuk menyusun kata dengan alfabet Korea ini.

Bahkan, Anda sampai mempelajari cara belajar tulisan hangul juga. Namun, Anda tetap merasa kesulitan tentang bagaimana cara menerapkannya.

Mengenal Hangeul Sebagai Alfabet Korea

Sebelum mengetahui cara cepat belajar tulisan Korea. Tentu saja, Anda harus memahami terlebih dahulu apa sebenarnya yang dimaksud dengan hangeul tersebut dan perannya sebagai alfabet Korea.

Hangeul merupakan sistem huruf dan angka yang resmi yang digunakan di Negara Korea khususnya Korea Selatan. Hangeul yang diterapkan di Korea Utara dan Korea Selatan hampir mirip namun ada beberapa perbedaan pada setiap aspeknya.

Jika dilihat dari sisi historisnya, Hangeul ini diciptakan pada abad ke-15 oleh Raja Sejong yang Agung. Pembuatan hangeul ini memiliki tujuan untuk menggantikan huruf kanji yang pada masa tersebut lebih familier di kehidupan kerajaan.

Alfabet ini memiliki 19 konsonan dan 21 huruf vokal. Namun, uniknya menghafalkan konsonan dan huruf vocal ini tidak menjamin Anda bisa menulis dengan hangeul. Karena Anda perlu pembiasaan tertentu terutama sebagai seorang pemula.

Tips Belajar Hangeul Alfabet Korea Untuk Pemula

Seperti yang disebutkan sebelumnya, menulis dengan hangeul tidak bisa dilakukan hanya dengan sekedar menghafal konsonan dan vokalnya saja. Anda harus membiasakan diri Anda menulis dengan alfabet ini.

Mempelajari dan menguasai Bahasa Korea saja tidak membuat Anda bisa menulis dalam alfabet Korea. Karena menulis dan menguasai Bahasa adalah hal yang berbeda.  Apalagi, tampilan alfabet Korea ini berbeda dengan tampilan alfabet yang pada umumnya digunakan.

Namun, ada beberapa cara belajar hangul Korea dengan cepat yang bisa Anda lakukan. Jadi, Anda bisa lebih terbiasa dalam menulis hangeul dan memahaminya. Berikut adalah beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan selama proses belajar Anda.

1. Pahami Bagaimana Cara Menulis Hangeul

Cara belajar Bahasa Korea dengan cepat dan lancar yang pertama adalah dengan memahami bagaimana cara menulis hangeul terlebih dahulu. Benar sekali, akan percuma bagi Anda memahami dan menghafalkan konsonan dan vocal dalam alfabet ini. Jika, Anda tidak tahu bagaimana cara menulisnya.

Karena memang ada cara dan ketentuan tertentu dalam menulis alfabet hangeul ini dan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Berikut adalah 4 aturan utama yang harus diikuti.

  • Satu suku kata maksimal memiliki 4 karakter hangeul Korea.
  • Huruf vokal horizontal ditulis pada bagian huruf konsonan.
  • Huruf vokal vertikal ditulis pada sisi kanan huruf konsonan atau pada bagian belakangnya.
  • Huruf hangeul Korea harus ditulis dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah tidak boleh sebaliknya.

Setelah hafal huruf vokal dan konsonannya, Anda harus memahami huruf-huruf tersebut tidak boleh ditulis secara sembarangan. Dalam berlatih untuk menuliskan huruf tersebut, Anda harus memahami dan menerapkan aturan yang sudah dituliskan di atas.

2. Pahami Perbedaan Kata Kerja, Benda, dan juga Keterangan

Untuk belajar Bahasa Korea dengan cepat dan lancar, para pemula bisa memahami terlebih dahulu jenis kata yang ada di dalam Bahasa ini. Begitu pula dalam belajar menuliskan hangeul Korea, jenis kata ini akan sangat berpengaruh pada strukturnya.

Bahasa Korea sama seperti kebanyakan Bahasa yang ada di dunia. Memiliki jenis dan struktur kalimat seperti Subjek, Predikat, Objek, dan kata yang menempati bagian keterangan.

Pada dasarnya, ada beberapa golongan kata pada Bahasa ini yang cukup sama dengan banyak Bahasa lain. Misalnya, seperti beberapa jenis di bawah ini.

  • Kata Benda (Nomina) kategori yang berperan sebagai objek maupun subjek pada kalimat.
  • Kata Kerja (Verba atau Verb) kategori yang berperan sebagai predikat atau tindakan yang dilakukan oleh subjek dan pada objek.
  • Kata Kerja Jenis Deskriptif (Adjektiva) Kategori yang memiliki relasi sifat yang bisa menyatakan dan memberikan informasi mengenai keadaan objek kalimat.
  • Kata Keterangan (Adverbia atau Adverb) kategori untuk menerangkan hal yang terjadi pada kalimat.

3. Mengenali Struktur Kalimat pada Hangeul Korea

Setelah Anda memahami perbedaan kata kerja, kata benda, sampai kata keterangan pada Bahasa Korea. Maka, akan lebih mudah bagi Anda untuk memahami struktur kalimat yang dituliskan pada hangeul Korea.

Dalam panduan lengkap Bahasa Korea pasti pernah disebutkan bahwa struktur kalimat dalam Bahasa Korea berbeda dengan struktur kalimat pada Bahasa yang lain. Hal ini yang biasanya membuat banyak orang kebingungan dalam mempelajari Bahasa satu ini.

Ternyata, struktur kalimat ini tidak hanya mempengaruhi ucapan atau penggunaan Bahasa Korea secara lisan saja. Namun juga mempengaruhi penulisan huruf hangeul Korea juga. Penulisannya harus sesuai dengan struktur kalimat pada Bahasa Korea.

Struktur yang paling umum ditemui dalam berbagai Bahasa adalah sebagai berikut :

Subjek – Predikat – Objek

Sedangkan struktur yang paling sederhana dan umum dari kalimat Bahasa Korea adalah sebagai berikut:

Subjek – objek – Predikat

Jadi, misalnya dalam Bahasa Indonesia struktur kalimatnya adalah :

Aku makan nasi

Maka, pada struktur Bahasa Korea menjadi :

Aku nasi makan (Jeoneun bab-eul meogseubnida)

Perbedaan struktur ini harus dibiasakan terutama oleh para pemula. Karena mungkin saja, maksud dan tulisan yang dibuat sudah benar. Namun, struktur katanya masih mengikuti struktur yang umum dan bukan yang khusus Bahasa Korea.

4. Mencari Kosa Kata Paling Umum dan Cara Penulisannya

Cara belajar Bahasa Korea yang efektif adalah dengan memahami dan mencari kosa kata yang paling umum terlebih dahulu. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencari tahu, kata-kata apa saja yang paling umum digunakan dalam percakapan Bahasa Korea.

Cara mudah dan cepat belajar Bahasa Korea dapat dilakukan dengan menonton drama Korea, mendengarkan lagu-lagu populer berbahasa Korea, atau mungkin jika Anda punya teman dari Korea. Bisa langsung belajar berkomunikasi dengan teman Anda.

Namun, tidak hanya memahami dan menghafalkan kosa kata saja. Namun, Anda juga harus mencari tahu bagaimana penulisan dari kosa kata tersebut. Karena kosa kata tersebut umum digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Biasanya bentuk tulisannya juga jauh lebih konsisten daripada kalimat yang jarang digunakan. Selain itu, kosa kata yang umum biasanya ditulis dalam bentuk hangeul yang lebih umum agar mudah dipahami dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi, Anda sebagai pemula akan semakin mudah untuk memahaminya. Kosa kata umum ini bisa menjadi awal agar Anda lebih terbiasa berhadapan dengan kalimat dan tulisan hangeul Korea.

Itulah beberapa tips belajar hangeul Alfabet Korea. Tidak hanya memahami dan menghafal materinya saja. Anda harus melakukan beberapa penerapan agar Anda lebih terbiasa dengan hangeul Korea.


Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama