Cheat Code Belajar Bahasa Korea Dari Nol, Simak Sampai Selesai!

Dengan penyebaran kebudayaan Korea melalui banyak media, sampai saat ini bahasa Korea merupakan bahasa ke-13 yang paling banyak digunakan di Indonesia. Belajar bahasa korea dari nol nyatanya bukan hal yang mustahil dilakukan bahkan ketika sudah hampir dewasa.

Belajar Bahasa Korea Dari Nol

Bahkan sejauh ini bahasa Korea dinilai lebih mudah untuk dipelajari daripada bahasa tionghoa dan Jepang. Meski memiliki huruf-huruf sendiri, bahasa ini nyatanya merupakan penyederhanaan dari bahasa tionghoa yang sebelumnya dipakai.

Ulasan berikut ini akan membahas tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk belajar dasar dasar bahasa korea dari nol. Banyak aspek yang perlu dikuasai, tetapi mempelajarinya dapat dilakukan dalam waktu yang relatif singkat. Penasaran? Simak ulasan berikut ini sampai selesai.

Mempelajari Huruf atau Hangeul

Jika jepang memiliki Kanji, huruf-huruf dalam bahasa Korea disebut dengan Hangeul. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah mempelajari huruf-huruf ini. Agar anda tidak hanya bisa berbicara, tetapi juga bisa baca tulis. 

 Huruf-huruf yang digunakan dalam bahasa korea cenderung lebih sederhana daripada bahasa Asia lainnya. Belajar menulis huruf hangul korea bisa anda mulai dengan memahami bahwa keseluruhan jumlahnya adalah 24 huruf dengan 10 vokal dan 14 konsonan.

Namun ini masih sangat dasar. Apabila ditambahkan dengan adanya diftong dan konsonan ganda, maka keseluruhannya adalah 40 huruf. Meski kuantitasnya banyak, tetapi mempelajarinya tidak sulit karena hampir semua huruf memiliki bunyi hampir sama dengan yang tertulis.

Pengembangan Kosa Kata

Dalam pembelajaran huruf tentu Anda juga akan mendapatkan pembelajaran tentang kosa kata. Oleh karena itu yang perlu anda lakukan adalah mengembangkan kosa kata yang sudah didapatkan. Dengan demikian percakapan bisa berlangsung.

Cara belajar bicara bahasa korea terbukti lebih efektif daripada sekedar mendengarkan dan membaca. Anda bisa mengembangkan kosakata dengan berlatih membuat kalimat, berbicara sendiri, atau bahkan berani memulai percakapan dengan orang lain.

Mempelajari cara pelafalan dan kosa kata dalam angka adalah langkah yang paling mudah dilakukan. Sebab tidak seperti kosa kata lainnya, angka tidak akan berubah sekalipun mendapatkan imbuhan-imbuhan tertentu, tidak seperti kata kerja yang sangat mudah berubah.

Pelajari Kata Serapan

Tidak sedikit kata-kata dalam bahasa Inggris yang diserap ke dalam bahasa Korea. Bahkan dalam penerapannya sehari-hari, bahasa terapan ini lebih sering digunakan daripada bahasa korea aslinya. Oleh karena itu anda akan lebih mudah dalam berbicara.

Dalam kosa kata bahasa Korea, kata serapan disebut juga dengan konglish. Sebagian besar memiliki bunyi yang sangat mirip dengan bahasa Inggris, contohnya keup yang artinya cup. Karena itulah belajar bahasa serapan adalah cara mudah belajar bahasa korea selatan.

Memenuhi Diri dengan Bahasa Korea

Dalam ilmu Psikologi terdapat teknik flooding yang digunakan untuk mengubah perilaku. Cara ini dapat anda terapkan untuk mempelajari bahasa Korea. Kelilingi dan penuhi dunia sekitar anda dengan bahasa korea, sehingga anda terbiasa mendengarkannya.

Memenuhi lingkungan anda dengan bahasa korea merupakan cheat code cara cepat belajar bahasa korea bagi pemula. Langkah awal yang bisa anda lakukan adalah berbicara dengan diri sendiri ketika berpikir dengan dicampur menggunakan bahasa korea.

Gunakan juga gadget anda. Ganti bahasa pada smartphone anda menjadi bahasa korea sehingga mendukung anda dalam belajar. Namun cara ini biasanya hanya dilakukan oleh orang yang sudah mempelajarinya cukup lama karena rumit.

Menentukan Cara Belajar Terbaik

Setiap orang pasti memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Oleh karena itu dalam belajar bahasa korea dari nol, sangat penting untuk menentukan cara belajar terbaik yang bisa anda lakukan.

Paling tidak secara umum, terdapat tiga cara manusia dalam belajar, pertama adalah visual yang belajar dengan melihat. Kedua adalah Auditori yang belajar dengan mendengarkan. Terakhir adalah kinestetik yang belajar dengan melakukan gerakan.

Menonton Produk Hiburan Korea

Menonton produk-produk hiburan Korea seperti K-Pop dan K-drama, bisa menjadi metode Belajar bahasa Korea dengan mudah untuk pemula. Karena dalam produk-produk hiburan seperti itu akan banyak anda temukan informasi dan kosakata baru.

Anda bisa mulai menonton dengan tidak memperhatikan subtitle. Atau bahkan anda bisa mematikan subtitle selama anda menonton. Dengan demikian kemampuan mendengar anda akan berkembang dengan pesat.

Kemudian anda juga bisa mengartikan sedikit demi sedikit lagu yang anda dengarkan. Sebab dalam lagu yang anda dengarkan terdapat banyak unsur tidak hanya kosa kata saja, tetapi juga terdapat seni di dalamnya. Sambil menyelam minum air.

Pergi ke Korea

Cara ini memang memerlukan banyak modal. Namun cara agar mudah belajar bahasa korea adalah dengan pergi ke sana secara langsung. Di sana anda akan mendengarkan banyak percakapan, penggunaan huruf, dan kehidupan sosial.

Namun cara ini memang tergolong sulit. Anda tidak hanya perlu memiliki modal uang saja, tetapi juga harus memiliki modal keberanian dan mental. Dua modal terakhir inilah yang cukup sulit untuk dimiliki. Sebab mengumpulkan mental dan keberanian untuk pergi tidaklah mudah.

Sebab akan percuma saja anda pergi ke Korea tapi tetap berbicara dengan masyarakat disana menggunakan bahasa Inggris. Dengan demikian, anda juga perlu memiliki sedikit modal berbicara bahasa korea sekalipun masih belum ahli.

Menggunakan Aplikasi Penerjemah

Gunakan teknologi terutama untuk meningkatkan cara menghafal kosakatabahasa korea dengan cepat. Aplikasi penerjemah akan sangat membantu anda untuk mengetahui arti kata perkata. Dengan demikian pemahaman anda tentang kosa kata akan meningkat.

Sudah banyak evaluasi yang dilakukan kepada aplikasi penerjemah di masa kini. Sehingga anda bisa mendapatkan arti perkataan yang tidak hanya sesuai dengan teks, tetapi bisa disesuaikan dengan konteks yang berlaku.

Namun pastikan anda hanya menggunakan gadget untuk mencari kata-kata yang tidak diketahui selama percakapan atau membaca. Tidak perlu menggunakannya secara terus sebab anda akan mengalami ketergantungan.

Belajar di Sebuah Lembaga

Kursus atau les akan sangat membantu. Belajar cara menulis bahasa korea adalah pembelajaran yang akan anda dapatkan pertama kali. Biasanya hal ini tercantum dalam kurikulum yang mereka gunakan.

Selain itu dengan belajar di sebuah lembaga, anda akan mendapatkan lingkungan yang lebih suportif daripada belajar sendirian. Karena di dalam lembaga kursus, banyak orang yang memiliki visi sama seperti anda, yaitu menguasai bahasa korea.

Namun cara belajar bahasa korea selatan bagi pemula dengan mengikuti kursus memerlukan modal untuk biaya kursusnya. Hal ini wajar saja sebab sejak awal tidak ada pendidikan yang gratis. Selain itu output yang anda dapatkan juga bisa digunakan untuk mencari pendapatan.

Itulah ulasan tentang tips-tips yang bisa anda lakukan untuk belajar bahasa korea dari nol. Mempelajari bahasa Korea memang bukanlah hal yang sulit. Namun apabila tidak dilakukan secara serius dan totalitas, maka hasil yang didapatkan juga tidak akan maksimal. 

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama